Kalsel

Akhir 2019, Ada Ruang Baca di Taman Kamboja

apahabar.com, BANJARMASIN – Taman Kamboja Banjarmasin tak hanya dibidik menjadi pusat penghijauan. Rencananya akhir 2019 akan…

Featured-Image
Taman Kamboja. Foto-Tribunnews.com

bakabar.com, BANJARMASIN - Taman Kamboja Banjarmasin tak hanya dibidik menjadi pusat penghijauan. Rencananya akhir 2019 akan ada ruang membaca di Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang berada di kawasan Jalan Anang Adenansi, Banjarmasin Tengah ini.

“Akhir 2019 kita akan bangun perpustakaan atau taman baca untuk anak-anak. Bukan itu saja, kami juga akan menyiapkan WC, dan taman di sekelilingnya,”ujarnya Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Banjarmasin, Mukhyar kepadabakabar.com.

Taman terbuka tersebut diperuntukkan untuk menambah fasilitas lainnya seperti taman bermain anak yang dilengkapi standar nasional Indonesia (SNI).

Pembangunan taman ruang terbuka hijau menghabiskan biaya hampir sekitar Rp 6 miliar. Dijadwalkan rampung pada Desember 2019 itu.

Mukhyar berharap adanya taman terbuka hijau yang sedang dibangun tersebut agar masyarakat bisa menjaga fasilitas yang ada di taman.

“Taman baca tersebut untuk menambah wawasan anak-anak usia dini, mendapatkan ruang untuk bermain. Sehingga tidak terlalu banyak menghabiskan waktu di depan televisi atau video game,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Banjarmasin, Ahmad Husaini mengatakan, perpustakaan menambah ruang literasi karena jumlah tempat baca di Banjarmasin tergolong sedikit.

"Pemko Banjarmsin baru punya satu perpustakaan di Siring Tendean, sebelah Rumah Anno. Itu pun tergolong kecil. Padahal koleksi kami banyak. Jadi perlu wadah baru lagi," ujar Husaini.

Perpustakaan ini rencananya dibangun dengan konstruksi dua lantai. Tampilannya dibuat modern dan minimalis. Menariknya lagi, ruang koleksi buku-buku dimuat dalam kontainer.

"Jadi konsepnya kekinian juga. Diharapkan bisa mendorong minat baca, khususnya anak-anak muda di Kota Banjarmasin," kata Husaini.

img

Taman Kamboja. Foto-Tribunnews.com

Baca Juga: Bangunan Ini Akan Melengkapi Taman Kamboja Banjarmasin

Reporter: Bahaudin QusairiEditor: Syarif

Komentar
Banner
Banner