Kalsel

Ada Kerumunan di Penetapan Pemenang Pilgub Kalsel, Siap-siap Dibubarkan

apahabar.com, BANJARMASIN – Penetapan Sahbirin Noor dan Muhidin (BirinMU) sebagai pemenang Pilgub Kalsel digelar pada Rabu…

Featured-Image
Ratusan personel gabungan TNI dan Polri disiapkan untuk pengamanan proses penetapan pemenang Pilgub Kalsel di Hotel Golden Tulip, Jalan Ahmad Yani Banjarmasin. Foto-apahabar.com/Muhammad Syahbani

bakabar.com, BANJARMASIN – Penetapan Sahbirin Noor dan Muhidin (BirinMU) sebagai pemenang Pilgub Kalsel digelar pada Rabu (4/8) besok.

KPU Kalsel telah menentukan lokasi kegiatannya di Hotel Golden Tulip, Jalan Ahmad Yani, Banjarmasin sekitar pukul 10 pagi.

Polda Kalsel mewanti-wanti agar kegiatan tersebut tak menabrak protokol kesehatan Covid-19. Terlebih Banjarmasin masih menerapkan PPKM level IV.

Tak boleh ada kerumunan, di luar ataupun di dalam hotel. Jika ditemukan siap-siap saja dibubarkan.

“Kepada paslon yang terpilih nggak usah bawa massa lah. KPU juga harus tahu diri ini kan PPKM level IV,” ujar Karo OPS Polda Kalsel, Kombes Pol Moch Noor Subchan, Selasa (3/8).

Subchan bilang, pintu masuk lokasi kegiatan juga bakal dijaga ketat oleh aparat keamanan. Termasuk penjagaan di kawasan luar hotel berbintang itu.

Ada 363 personel gabungan TNI dan Polri yang telah disiapkan untuk pengamanan proses penetapan pemenang Pilgub Kalsel tersebut.

“Pengaman kita lakukan di pintu masuk. Kita juga minta KPU menyiapkan rapid antigen. Personel yang dikerahkan 363, gabungan TNI-Polri,” jelasnya.

Adapun Komisioner KPU Kalsel Divisi Teknis, Hatmiati mengatakan pihaknya selaku penyelanggara akan melakukan sejumlah pembatasan dalam kegiatan.

Dipastikan Hatimi, bahwa jumlah yang berhadir dalam kegiatan tak lebih dari 20 orang. Kemudian sebelum masuk rungan wajib di-rapid tes antigen terlebih dahulu.

“Sekitar 18 sampai 19 orang yang akan berhadir. Di antaranya pasangan calon, tim paslon dan parpol masing-masing satu, sama Forkopimda. Antigen sudah kami siapkan,” jelasnya.

Hatmi juga memastikan bahwa tak ada tamu di luar undangan yang boleh masuk dalam ruangan. “Kalau di luar [hotel] itu bukan kewenangan kami,” katanya.

Lebih jauh dijelaskan, pelaksanaan penetapan akan berjalan sederhana dan tak makan waktu lama. Hatmi juga memastikan tak ada acara hiburan dalam kegiatan tersebut.

“Acaranya simpel saja sambutan ketua pembacaan SK kemudian penyerahan. Tidak ada hiburan. Paling makan-makan,” pungkas Hatmiati

Komentar
Banner
Banner