Tak Berkategori

Ada Hari Tari Dunia di Taman Budaya, Catat Tanggalnya!!!

apahabar.com, BANJARMASIN – Para pegiat seni tari banua bakal menggelar kembali perayaan Hari Tari Dunia (HTD)…

Featured-Image
Hari Tari Dunia. Foto-Istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN – Para pegiat seni tari banua bakal menggelar kembali perayaan Hari Tari Dunia (HTD) di Taman Budaya Kalimantan Selatan, pada 27 dan 28 April 2019.

Sama seperti tahun sebelumnya, HTD Kalsel kali ini diselenggarakan kelompok tari independen Excelsior Dance Project (EDP) Banua. Mereka mengundang seluruh pegiat seni tari baik kelompok maupun perorangan yang ada di bumi lambung mangkurat.

“Perayaan HTD Kalsel 2019 nanti sudah tercatat ada 50-an lebih kelompok tari yang akan terlibat,” ungkap Manajer EDP Banua, Gita Kinanti.

Peserta yang dari berbagai daerah itu, tujuannya untuk mengajak seluruh warga Kalsel ikut berpartisipasi dalam penampilan beragam tarian khas daerah masing-masing.

Baca Juga:Dewan Pertanyakan Normalisasi Sungai Danau Panggang

Lanjutnya, Gita mengungkapkan bahwa tema yang diusung pada gelaran tersebut ialah “Menuai Indah Raga Banua”.“Pada hari pertama ada 12 karya dari 11 kelompok penampil, ” ucap Gita.

Sebagai perayaan akbar bagi pegiat seni seluruh dunia, dalam gelaran tersebut tidak ada batasan terkait tarian jenis apa yang ditampilkan.

Namun menurut Gita, semua penampilan sepakat untuk menggunakan proyektor sebagai penguat artistik tampilan tariannya masing-masing.

Hari Tari Dunia sendiri diperingati setiap 29 April, dicanangkan pertama kali oleh Lembaga Tari Internasional CID-Counseil International de la Danse.

Berbeda dengan perayaan di tahun sebelumnya, HTD Kalsel 2019 dipastikan hanya diisi oleh penampil dari lingkup Kalsel saja.

Meski demikian, Gita yakin kemeriahannya tidak akan kalah. Panitia sudah menyiapkan kegiatan itu sejak Januari 2019 tadi.

Baca Juga:Ketika Pos Pam Terpadu Polres Banjar Menjadi Posko Kesehatan Dadakan

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner