Tak Berkategori

ACT Kalsel Syukuri Momen Iduladha Di Pulau Bromo

apahabar.com, BANJARMASIN – Warga Pulau Bromo, Mantuil, Banjarmasin Selatan memaknai momen Iduladha 1440 Hijriah tak hanya…

Featured-Image
Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina memberikan kata sambutan dihadapan Warga Pulau Bromo, Mantuil, Banjarmasin Selatan terkait makna Iduladha. Foto-ACT

bakabar.com, BANJARMASIN – Warga Pulau Bromo, Mantuil, Banjarmasin Selatan memaknai momen Iduladha 1440 Hijriah tak hanya pada tanggal 11 Agustus saja.

Ratusan warga tersebut merasa bersyukur bisa bertemu dengan hari raya kurban.

Suasana demikian terpancar dalam balutan program inovatif bertajuk Syukuran Qurban.

Kegiatan yang digagas oleh Global Qurban-ACT Kalimantan Selatan tidak hanya menyembelih hewan kurban dan membagikannya untuk keluarga prasejahtera.

Namun akan ada juga kegiatan memasak dan makan bersama.

Bertempat di ruangan, teras serta halaman Masjid Byna Taqwa Jalan Byna Harapan RT 5 Kelurahan Mantuil Kecamatan Banjarmasin Selatan Kalsel.

Turut hadir pula dalam kegiatan tersebut Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina bersama beberapa kepala SKPD-nya, Danramil Banjarmasin Selatan, unsur kepolisian, masyarakat Pulau Bromo serta para mitra ACT.

Menurut Ibnu, memaknai berkurban selain sebagai sebuah spirit berbagi kepada sesama, juga bentuk kebersamaan serta gotong royong.

Berkurban tidak hanya dilakukan bersama keluarga melainkan juga masyarakat.

“Termasuk yang digelar ACT Cabang Kalsel, meski pada umumnya daging kurban dibagikan dengan kondisi mentah, hari justru disajikan dan dinikmati telah matang bersama-sama,” ujarnya.

Ibnu mengakui hal demikian sangat luar biasa. Makanya diharapankan acara seperti ini bisa digelar setiap tahunnya pada momen Idul Adha.

Sebab selain mewujudkan jiwa gotong royong juga kebersamaan antara masyarakat terlebih ACT juga mengundang para mitranya.

Sementara itu, Kepala Cabang ACT Kalsel, Zainal Arifin mengatakan kegiatan dermawan berkurban sendiri sebetulnya adalah sebuah kegiatan yang dilakukan di seluruh Indonesia.

Mengangkat tema tahun ini ‘ dermawan berkurban, berkahnya bahagiakan dunia’ alasan pihaknya memilih Pulau Bromo karena daerah tersebut menjadi perhatian khusus bagi pemerintah untuk dibina dan juga nanti akan dikembangkan menjadi daerah wisata.

“Dan kami yang telah kedua melakukan penyaluran atau daging kurban disini setelah 2018 lalu,” ungkapnya.

Sedangkan tahun ini, pihaknya menyumbangkan ada 2 ekor sapi. Diantaranya dari ACT dan satu lagi dari sumbangan Wali Kota Banjarmasin.

Lalu untuk kambing kami ada 4 ekor. Itu 3 dari sumbangan BNI Syariah dan satunya dari JNE Banjarmasin.

Zainal juga berharap melalui kegiatan tersebut ingin keberadaan ACT itu oleh masyarakat baik dari level bawah sampai ke atas.

“Jadi ini jalinan silaturrahim kami, untuk merekatkan hubungan dengan pemerintah, dengan ulama, tokoh masyarakat dan juga dengan masyarakat setempat,” tutupnya.

Dalam kegiatan yang berlangsung ujung Kota Banjarmasin ini, Mitra TNI-POLRI juga ikut membantu kelangsungan acara.

Koordinator Mitra TNI-POLRI, Dhani menerangkan secara suka rela melancarkan kegiatan ini dengan sedikit bantuan.

Demikian dilakukan agar semua elemen masyarakat bisa bersinergi dengan tujuan dan visi misi yang sama.

Baca Juga: ACT Bagikan Daging Kurban Para Dermawan ke Pulau Bromo

Baca Juga: Kolaborasi Global Qurban-ACT Luaskan Kurbanhingga ke Tepian Negeri

Baca Juga: Tebar Kebahagiaan, Syukuran Qurban Akan Hadir di Pulau Bromo Banjarmasin

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner