Tak Berkategori

Achmad Fikry Terima Penghargaan Peduli Lansia

apahabar.com, KANDANGAN – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), Drs H Achmad Fikry menjadi salah satu penerima…

Featured-Image
Menteri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmita saat menyerahkan Penghargaan Tokoh Nasional Peduli Lansia pada Bupati HSS Drs H Achmad Fikry. Foto – Humas HSS for apahabar.com

bakabar.com, KANDANGAN - Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), Drs H Achmad Fikry menjadi salah satu penerima penghargaan pada acara puncak peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HALUN) ke-23 di Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat, Jalan Dipati Ukur, Kota Bandung.

Penghargaan Tokoh Nasional Peduli Lansia diserahkan oleh Menteri Sosial RI, Agus Gumiwang Kartasasmita pada Bupati HSS Achmad Fikry, Rabu (10/7/2019).

Baca Juga: Hingga Akhir Pendaftaran, 42 Peserta ikuti Utuh-Aluh HSS

Penghargaan dari pemerintah pusat diberikan karena Bupati Drs H Achmaf Fikry MAP dinilai sebagai pimpinan daerah yang paling peduli dengan kesejahteraan masyarakat lansia.

Selain Bupati Achmad Fikry, penerima penghargaan sebagai pimpinan daerah yang memiliki kepedulian tinggi terhadap lansia ialah, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Wali Kota Gorontalo, Wali Kota Padang, Wali Kota Jambi dan Bupati Bandung.

Bupati HSS, Achmad Fikry, menyampaikan bahwapenghargaan Ini merupakan apresiasi dari Kementrian Sosial atas program lanjut usia yang telah kita laksanakan selama ini di Hulu Sungai Selatan.

img

Foto - Humas HSS for bakabar.com

Tentu ini menjadi motivasi dan tantangan pihaknya untuk terus memperhatikan para lanjut usia (lansia).

“Banyak arahan pak Menteri Sosial, juga dari Ridwan Kamil Gubernur Jawa Barat yang bisa dijadikan referensi untuk mengambilkebijakan di daerah kita,” kata Achmad Fikry.

Ke depan, ujarnya, insyaAllah di Kabupaten HSS akan melaksanakan program asuh lansia. Jadi yang saat ini lansia perlukan tidak sekedarkebutuhan dasar saja yang harus terpenuhi tetapi mereka (lansia) juga butuh kasih sayang, butuh tempat untuk berkeluh kesah.

Bupati Achmad Fikry berharap nantinya semua jajaran pemerintah daerahbisa menjadi bagian dari mereka (lansia).

“InsyaAllah akan diseleksi terlebih dahulu oleh dinas sosial setelah itu akan berbagi mengayomi para lansia di HSS,” kata bupati H Achmad Fikry usai menerima penghargaan.

Sementara itu, diketahui melalui Dinas Sosial HSS selama ini para lansia di Kabupaten HSS mendapatkan bantuan dari pemerintah daerah. Antara lain bantuan pangan sejak 2013, Pemkab HSS telah menggratiskan beras sejahtera, penggratisan juga bertujuan untuk mencegah bantuan salah sasaran.

Bantuan papan berupa bantuan rumah sejahtera dengan tujuan memberikan tempat tinggal yang layak dan sehat, sehat di sini terpenuhi hingga adanya WC di rumah tersebut.

Sedangkan, untuk kesehatan para lansia mendapatkan prioritas layanan kesehatan di fasilitas kesehatan dari tingkat desa hingga RSUD H Hasan Basry Kandangan.

Baca Juga: Bupati HSS Keluarkan SK Siaga Karhutla

Para lansia boleh mendapatkan pengobatan dari fasilitas kesehatan walaupun kartu BPJS mereka belum selesai dibuat, dan begitupun setelah terpenuhinya ketiga kebutuhan dasar tadi juga terpenting ada perhatian dan kasih sayang untuk mereka.

Reporter: SimahEditor: Aprianoor



Komentar
Banner
Banner