News

5 Kios Hangus Terbakar di Balikpapan, Api Diduga Dari Tabung Gas

Kebakaran terjadi di Jalan Siaga, RT 20 Kelurahan Damai, Balikpapan Tengah pada Kamis (3/11) sekira pukul 09.00 wita.

Featured-Image
Situasi kebakaran di Jalan Siaga, Balikpapan. Foto- Info Bencana

bakabar.com, BALIKPAPAN - Kebakaran terjadi di Jalan Siaga, RT 20 Kelurahan Damai, Balikpapan Tengah pada Kamis (3/11) sekira pukul 09.00 wita. Api tiba-tiba menyala dan menghanguskan satu bangunan dengan lima blok kios tersebut.

Kejadian berlangsung begitu cepat. Api muncul dari salah satu kios. Tiba-tiba api membesar dan langsung menghanguskan bangunan tersebut. Sontak warga sekitar pun panik dan langsung bergegas menyelamatkan diri.

"Asal api dari dapur. Jadi itu ada tabung ditumpuk, nah nggak tahu gimana ceritanya itu bocor, terus api langsung besar," ujar Supra.

Selang 10 menit petugas pemadam kebakaran pun tiba di lokasi kejadian. Hanya saja api belum bisa dipadamkan lantaran lokasi kebakaran terdapat gardu listrik.

"Dalam waktu 10 menit unit Balikpapan Tengah sudah berada disini, tapi nggak bisa melakukan pemadaman karena berada tepat di gardunya PLN. Jadi menunggu pemadaman listrik dari PLN baru kami bisa langsung memadamkan api," Kata Kepala BPBD Kota Balikpapan, Silvia Rahmadina.

Total 10 unit damkar yang datang ke lokasi kejadian. Api pun berhasil dipadamkan kurang dari 30 menit.

Informasi yang dihimpun terdapat dua orang warga yang mengalami luka bakar dan dilarikan ke rumah sakit untuk mendapat perawatan. Seorang petugas juga mengalami sesak napas.

Silvi mengimbau kepada masyarakat agar selalu mengecek kondisi rumah jika hendak ditinggalkan. Serta rutin memeriksa kondisi kabel di rumah sehingga dapat meminimalisir potensi kebakaran.

"Jika meninggalkan rumah tolong kompor diperiksa, sehingga tidak terjadi potensi kebakaran. Tidak lupa juga memeriksa jaringan listrik. Untuk masyarakat sekitar yang di tempat kejadian, mohon bisa diberikan jalan kepada petugas dalam proses pemadaman api," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner