Kalsel

5 dari 9 Mahasiswa Balangan Pulang dari China Dipastikan Bebas Virus Corona

apahabar.com, PARINGIN – Lima dari sembilan mahasiswa Kabupaten Balangan telah pulang dari China. Kelimanya dipastikan tak…

Featured-Image
Dua mahasiswa Balangan yang pulang untuk sementara waktu dari China saat berada di kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Balangan. Foto-antara

bakabar.com, PARINGIN – Lima dari sembilan mahasiswa Kabupaten Balangan telah pulang dari China. Kelimanya dipastikan tak terdampak virus Corona.

Mereka dinyatakan dalam keadaan sehat, setelah melalui proses pemeriksaan kesehatan yang ketat. Sementara sisanya masih ditunggu kedatangannya.

“Sekarang sudah ada lima mahasiswa asal Balangan yang sudah dipulangkan ke Balangan dan kini mereka berada di rumahnya. Mereka telah melalui pemeriksaan oleh tim kesehatan. Untuk semua mahasiswa yang pulang dengan keadaan sehat,” kata Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemkab Balangan, Abdul Basit saat ditemui bakabar.com di kantornya, Selasa (04/02) siang.

Kelima mahasiswa itu memang tidak tinggal di Wuhan. Seperti dua di antaranya M Arif Fadillah dan Fitriani. Mereka merupakan mahasiswa pada perguruan tinggi yang ada di Provinsi Jiangsu.

Meski berbeda provinsi dari Wuhan, namun kekhawatiran juga terjadi pada para warga dan mahasiswa Indonesia di Jiangsu. Setiba di Balangan, mahasiswa yang menerima beasiswa dari pemerintah kabupaten tersebut sempat kembali diperiksa.

"Saat ini masih ada sekitar empat mahasiswa asal Kabupaten Balangan yang berkuliah di China dan belum kembali ke kampung halaman, Dinas Pendidikan masih melakukan koordinasi dan menunggu laporan, apakah mahasiswa tersebut sudah berada di Indonesia atau masih di China," ungkapnya.

Terkait pemulangan mahasiswanya itu semuanya difasilitasi Dinas Pendidikan Balangan.

“Terkait wabah virus Corona di Negara China, kami siap fasilitasi sembilan mahasiswa yang kuliah di sana untuk dipulangkan ke tanah air sampai Balangan,” terang Abdul Basit.

Selain itu Abdul Basid, terus melakukan koordinasi bersama kejaksaan setempat dan KBRI yang ada China untuk pemulangan mahasiswa Balangan di negeri Tirai Bambu.

Pihaknya juga berjanji memfasilitasi biaya transfortasi para mahasiswa asal Kabupaten Balangan, baik untuk kepulangan atau keberangkatan mereka nanti kembali ke China, hingga kondisi penyebaran wabah Corona dianggap aman.

“Kami juga menghimbau kepada mahasiswa yang sudah berada di Balangan agar tidak beraktivitas di luar rumah, semasa masih dalam masa pemeriksaan oleh tim kesehatan Balangan,”pungkasnya.

Sementara itu, Fitirani dan Arif, mengaku bersyukur atas bantuan dari Pemerintah Kabupaten Balangan, terutama pada pembiayaan transfortasi pulang pergi dari China.

"Kami merasa terbantu oleh Pemerintah Kabupaten Balangan, terutama pada biaya transfortasi. Adapun untuk kembali ke China, belum ada kepastian, hingga ada informasi pihak kampus di China saat kondisi sudah dinyatakan aman," kata Fitriani dikutip dari Antara.

Fitriani mengatakan, sebelumnya tidak ada rencana untuk pulang kampung saat libur perkuliahan pada masa musim dingin, akan tetapi informasi terkait akan bahaya virus corona akhirnya ia memutuskan untuk pulang.

"Sebelumnya tidak ada rencana untuk pulang, namun karena khawatir bahaya virus corona, akhirnya kita memutuskan untuk kembali ke Indonesia dan ke kampung halaman," tuturnya.

Di Jiangsu lanjut Fitriani, pihak kampus selalu menekankan agar menggunakan masker, kacamata dan sarung tangan apabila melakukan aktifitas diluar, serta selalu menajga kebersihan.

"Saat mau pulang pada 28 Januari kemarin, kami harus melewati pemeriksaan suhu tubuh ketika memasuki bandara. Kemudian perjalanan berlanjut pada tanggal 29 Januari, hingga sampai di Indonesia, lalu dilakukan pemeriksaan kembali, hingga di Kabupaten Balangan," ungkapnya.

Akhirnya Fitriani bersama lima rekannya asal Provinsi Kalimantan Selatan, yang berkuliah di Negeri Berjuluk Tirai Bambu, China, pulang ke Indonesia dengan selamat dan pemeriksaan yang cukup ketat, hingga kekhawatiran orangtua beserta keluargapun ujarnya berkurang.

Baca Juga:Dugaan Penipuan Simpan Pinjam di Anjir Muara; Pelaku Kelabui Pemilik Ruko

Baca Juga: Bantu Pembangunan BUMDes di Kalsel, Kemendes Akan Berdayakan Masjid

Baca Juga: Sosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan, Cuncung Bicara Pancasila, Radikalisme, Hingga Khilafah

Baca Juga: Cuncung Ajak 6 Pelajar SMKN 2 Simpang Empat Berangkat ke Senayan

Reporter: Agus Suhadi
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner