Gaya Hidup

Wahai Orang Tua, Berikut Kiat Mencegah Anak Menjadi Korban Kekerasan

Kisah seorang ibu yang anak laki-lakinya diduga mengalami kekerasan di salah satu sekolah PAUD di Kota Banjarmasin viral di media sosial belum lama.

Featured-Image
Ilustrasi membangun komunikasi dengan anak. Foto-net

bakabar.com, BANJARMASIN - Kisah seorang ibu yang anak laki-lakinya diduga mengalami kekerasan di salah satu sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kota Banjarmasin viral di media sosial belum lama.

Berdasarkan keterangan RA selaku ibu dari anak laki-laki yang berusia 4 tahun itu, pelaku yang diduga menganiaya anaknya merupakan seorang guru.

Bahkan, diakui RA, ia baru saja mengetahui kejadian yang menimpa anaknya pada Jumat (26/5).

"Jadi saya baru tahu kejadian yang sebenarnya itu pada Jumat (26/5) kemarin, setelah salat subuh," buka RA di Instagram.

"Salah satu saksi mata di tempat kejadian menelepon saya dan menyampaikan kejadian yang sebenarnya. Hatinya dibukakan Allah SWT untuk menyampaikan kebenarannya kepada saya, karena beliau bilang saya berhak tahu kejadian yang sebenarnya," lanjut keterangan RA.

Menurut RA, kekerasan yang dialami anaknya terjadi pada 3 bulan yang lalu.

"3 bulan disimpan, dalam sekejap Allah SWT ingin membuka. Sehebat-hebatnya kalian menyembunyikan kejahatan kalian dan merancang dengan sedemikian rupa agar terlihat benar, kalian lupa ada Allah, dengan mudah Allah membuka semuanya," ujarnya.

Baca Juga: Geger! Siswa PAUD di Banjarmasin Diduga Dianiaya Guru, Sang Ibu Tempuh Jalur Hukum

Diketahui, anak-anak termasuk kelompok yang rentan alami kekerasan, baik oleh teman sebaya maupun orang dewasa.

Postur tubuhnya yang lebih kecil juga memberikan faktor psikologis yang kerap membuat anak tidak mampu melawan saat mengalami kekerasan.

Melindungi anak dari tindak kejahatan seperti itu tidak hanya menjadi tanggung jawab orang tua, tetapi juga lingkungan di sekitarnya.

Tetapi, sebagai lingkungan terdekat dengan anak, keluarga juga perlu menanamkan beberapa hal agar anak terhindar atau mampu bersikap ketika menghadapi kekerasan fisik.

Lantas apa yang bisa dilakukan orang tua agar anak terhindar dari risiko kekerasan?

HALAMAN
12
Editor


Komentar
Banner
Banner