tanah bumbu

4 Desa di Kusan Tengah Tanbu Terendam Banjir, Ribuan Warga Terdampak

apahabar.com, BATULICIN – Intensitas hujan yang tinggi serta meluapnya air Sungai Kusan menyebabkan beberapa desa di…

Featured-Image
Tim BPBD Tanah Bumbu saat meninjau lokasi banjir di Kusan Tengah. Foto-BPBD Tanbu.

bakabar.com, BATULICIN – Intensitas hujan yang tinggi serta meluapnya air Sungai Kusan menyebabkan beberapa desa di Kecamatan Kusan Tengah, Kabupaten Tanah Bumbu, terendam banjir Senin (6/9).

Empat desa tersebut yakni Desa Serdangan, Salimuran, Pulau Tanjung, dan Karya Bakti.

Kepala BPBD Tanah Bumbu, melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik, Hamka, mengatakan akibat banjir tersebut ribuan jiwa dan ratusan lahan pertanian terdampak.

Hamka menyebut korban terdampak di Desa Serdangan ada 187 kepala keluarga (KK) atau 535 jiwa, Salimuran ada 384 KK atau 1218 jiwa, dan Pulau Tanjung 199 KK atau 638 jiwa.

Sementara untuk lahan pertanian di Desa Salimuran ada 605 hektar, Pulau Tanjung 235 hektar, dan Karya Bakti 80 hektar.

“Ini karena curah hujan yang tinggi dalam beberapa hari terakhir dan meluapnya air Sungai Kusan,” terang Hamka kepada bakabar.com, Senin (6/9) malam.

Sementara untuk fasilitas umum sebagian juga ada yang terdampak yakni sarana ibadah 6 buah, kantor desa 2 buah, sekolah 4 buah, dan sarana kesehatan 1 buah.

“Saat ini ketinggian air mencapai 30 hingga 60 sentimeter di sebagian pemukiman penduduk, namun kondisi saat ini di sebagian desa airnya masih bertahan dan sebagian sudah ada penurunan sekira 15 senti,” jelasnya.

Hamka menambahkan saat ini pihaknya terus melakukan pemantauan, penyisiran di bantaran Sungai Kusan dan pendataan masyarakat yang terdampak banjir

“Masyarakat sementara tidak ada aktifitas dan mayoritas masyarakat di sana adalah petani,” pungkasnya.



Komentar
Banner
Banner