Rekomendasi Film

'Monster' Film Terbaik dari Hirokazu Koreeda, Angkat Ragam Isu Sosial

Monster sebuah film terbaru karya Hirokazu Koreeda jadi perbincangan seru di media sosial. Angkat su sosial dari sudut pandang berbeda.

Featured-Image
Film Monster 2023, Karya Hirokazu Koreeda yang Banyak Dibahas di Media Sosial. Foto: IMDb

bakabar.com, JAKARTA - Monster sebuah film terbaru karya Hirokazu Koreeda jadi perbincangan seru di media sosial. Angkat isu sosial dari sudut pandang berbeda.

Hirokazu Koreeda seorang sutradara kenamaan asal Jepang, kembali hadirkan film terbarunya di akhir Desember 2023 lalu. Di Indonesia sendiri, penayangan film ini baru masuk pada 3 Januari 2024.

Penayangan Monster di Indonesia diperbincangkan banyak orang di jejaring sosial. Film ini menyajikan isu-isu sosial, mulai dari perundungan hingga LGBT dalam film tersebut.

Berbeda dari judulnya, Monster atau Kaibutsu bukanlah sebuah genre thriler horor yang menampilkan makhluk mengerikan. Justru dalam film ini kita mendapatkan sosok monster dalam bentuk lain.

Yuji Sakamoto tampaknya berhasil menghanyutkan penonton selama 2 jam 6 menit dengan sajikan alur dan skenario yang ciamik dalam film ini, serta meninggalkan kesan bagi para penonton.

Tak ayal, Monster mendapatkan banyak atensi dari penonton hingga para kritikus film yang menganggap film ini sebagai salah satu master piece dari Koreeda.

Sinopsis Film Monster

Monster Film yang Akan Tayang pada Bulan Januari 2024 di Bioskop - apahabar
Monster Film yang Akan Tayang pada Bulan Januari 2024 di Bioskop. Foto: IMDb

Monster menjadi unik lantaran menghadirkan tiga sudut pandang berbeda yang tertuang dalam film tersebut. Menghadirkan premis dari keresahan Saori Mugiono, seorang ibu tunggal, yang membesarkan anak laki-lakinya Minato Mugino, berusia 11 tahun yang mengenyam pendidikan SD.

Suatu hari, Saori menemukan perbedaan sikap dari sang anak, melihat hal tersebut, Saori turut mendatangi sekolah sang anak dan menemukan Michitoshi Hori, wali kelas Minato, yang melakukan kekerasan fisik padanya.

Meski begitu, dari sudut pandang sang wali kelas, Minato lah yang melakukan kekerasan tersebut dan merundung teman sekelasnya, Yori Hoshikawa.

Perspektif lain turut disajikan dari Minato, ia menganggap dirinya dan Yori berteman baik bahkan di luar sekolah sekalipun keduanya turut bermain bersama.

Lalu, siapakan sosok Monster sesungguhnya?

Film Favorit Barrack Obama

Unggahan Barrack Obama tentang Film Favoritnya di Tahun 2023, ada Monster, Past Lives dan Oppenheimer. Foto: Instagram/barackobama
Unggahan Barrack Obama tentang Film Favoritnya di Tahun 2023, ada Monster, Past Lives dan Oppenheimer. Foto: Instagram/barackobama

Dengan banyaknya isu yang dihadirkan oleh Koreeda tersebut tak hanya menarik perhatian kritikus film, sang presiden Amerika ke-44, Barrack Obama turut memasukan Monster sebagai film favoritnya di tahun 2023.

Melalui akun Instagram resminya, Obama menyebutkan jajaran film yang ia sukai di tahun tersebut. Nama Monster pun masuk jajaran bersanding dengan Oppenheimer, Past Lives dan lainnya.

Menjadi Film Terbaik

Cuplikan Adegan Film Monster 2023. Film: IMDb
Cuplikan Adegan Film Monster 2023. Film: IMDb

Film ini mendapatkan banyak pujian, seperti dari Rotten Tomatoes, para kritikus yang memberikan penilaian 96 dalam kategori fresh dan penilaian penonton sebesar 93 yang menjadi film terbaik di awal tahun.

Dalam situs IMDb sendiri, film ini berhasil mendapatkan penilaian 8.0 dari 10. Menjadi satu film terbaik di akhir tahun 2023.

Borong Banyak Penghargaan

Monster (2023) Berhasil Borong Lima Penghargaan di Berbagai Festival Film. Foto: IMDb
Monster (2023) Berhasil Borong Lima Penghargaan di Berbagai Festival Film. Foto: IMDb

Menjadi film dengan banyak pujian, pantas jika Monster masuk dalam 12 nominasi dalam penghargaan film.

Tak lupa, film ini mendapatkan penayangan premiere nya di Festival Film Cannes 2023, dan turut memborong dua penghargaan, salah satunya Best Screenplay yang dimenangkan Yuji Sakamoto.

Selama masa penayangannya film ini berhasil raih lima penghargaan bergengsi, salah satunya Stockholm Film Festival sebagai Film Terbaik.

Editor


Komentar
Banner
Banner