Borneo Hits

35 Peserta UKW XXII PWI Kalsel Dinyatakan Kompeten, Fathurrahman: Jaga Marwah Jurnalisme

Sebanyak 35 peserta dari berbagai media cetak dan online di Banua dinyatakan lulus Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan XXII2024 yang digelar Persatuan Wartaw

Featured-Image
Anggota Dewan Kehormatan PWI Pusat, Fathurrahman sekaligus penguji wartawan jejang utama UKW XII PWI Kalsel di hadapan awak media usai menutup kegiatan, Rabu (12/6). Foto: PWI Kalsel

bakabar.com, BANJARMASIN - Sebanyak 35 peserta dari berbagai media cetak dan online di Banua dinyatakan lulus Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan XXII 2024 yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan (PWI Kalsel) di Banjarmasin, (11-12/6).

Masing-masing terdiri dari 5 wartawan jenjang utama, 12 wartawan madya, 18 wartawan muda.
Mereka yang lulus, menurut Anggota Dewan Kehormatan PWI Pusat, Fathurrahman pada dasarnya sudah terbiasa melaksanakan kode etik jurnalistik dalam bertugas.

"Saya kira ini merupakan pencapaian teman-teman wartawan yang mau dan kemudian sungguh-sungguh mengikuti uji kempentensi ini," kata penguji wartawan utama ini usai menutup UKW XXII PWI Kalsel, Rabu (12/6).

Meski demikian, Ketua PWI Kalsel periode 2007 hingga 2017 ini menekankan, bagi mereka yang lulus dapat meningkatkan kualitas karya jurnalistiknya agar media dapat tumbuh, sesuai kompetensi yang sudah dicapai.

"Yang paling penting adalah bagaimana karya jurnalistik memahami tentang apa yang menjadi kepentingan publik terhadap pers," tegasnya.

Tak hanya itu, kata dia, banyak juga stakeholder memerlukan kritikan dari pers. "Itulah saya kira fungsi-fungsi yang dijalankan oleh teman-teman yang masuk bekerja di dalam jurnalistik ini," bebernya.

Sebagai anggota Dewan Kehormatan PWI Pusat, dirinya mengingatkan wartawan agar terus menjaga etika.

"Mudah-mudahan kita juga sama-sama menjaga marwah jurnalisme ini ya, sehingga akan terus menjaga trust atau kepercayaan publik atas informasi, kemudian karya jurnalistik yang dibaca, ditayangkan, diakses oleh masyarakat," pungkas pria yang konsisten menjaga martabat profesi wartawan ini.

Salah satu peserta pada jejang utama UKW XXII PWI Kalsel, Edo mengaku lega dapat menyelesaikan ujian hingga dinyatakan kompeten.

Mengingat, selama proses ujian, penguji menerapkan standar lembaga uji PWI dan aturan Dewan Pers. Ia juga memuji pelaksanaan UKW lebih baik.

"Sejak saya mengikuti mulai dari jejang muda 2012, lalu madya 2017, dan utama, pelaksanaan semakin baik, terimakasih seluruh pengurus PWI Kalsel sudah melaksanakan UKW, semoga hasil ini bermanfaat untuk pers di Kalsel," timpalnya.

Hingga dengan pelaksanaan UKW XXII PWI Kalsel ini sudah 500 wartawan di Banua dinyatakan kompeten.

Sementara secara nasional, 35 peserta dari Kalsel yang baru lulus UKW kali ini menambah total wartawan kompeten menjadi 19.217 orang per Juni 2024. 

Baca Juga: Gelar UKW XXII, Ketua PWI Kalsel: Wartawan Harus Bermartabat 

Editor


Komentar
Banner
Banner