Kalsel

31 Penyelam Polda Kalsel Ikut Pecahkan Rekor Dunia Selam di Manado

apahabar.com, BANJARMASIN – Puncak pemecahan rekor dunia selam Guinness World Record (GWR) yang berlangsung di Pantai…

Featured-Image
Penyelam dari Polda Kalsel ikut berpartisipasi pecahkan rekor dunia selam di Pantai Kawasan Megamas Manado, Sabtu (03/08). Foto – Humas Polda Kalsel for apahabar.com

bakabar.com, BANJARMASIN – Puncak pemecahan rekor dunia selam Guinness World Record (GWR) yang berlangsung di Pantai Kawasan Megamas, Manado pada Sabtu (03/08). Ribuan peserta dari berbagai penjuru Indonesia, ikut serta meramaikan event ini, termasuk 31 penyelam yang dikirimkan khusus dari Tim Divers Polda Kalimantan Selatan.

“Tim Divers Polda Kalsel beranggotakan 31 personel. Mereka terdiri atas penyelam Ditpolair sebanyak 13 orang, penyelam Polwan lima orang, penyelam Bhayangkari dua orang dan penyelam Brimob 11 orang.” ujar Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Pol Mochamad Rifai kepada bakabar.com, Sabtu (03/07).

Event yang digelar sebagai kado di hari kemerdekaan 17 Agustus itu, kata Rifai, telah memecahkan dua rekor sekaligus. Yaitu memecahkan rekor penyelaman massal terbanyak (most people scuba diving) dan pembentangan bendera terbesar di bawah air (largest unfurled flag underwater).

“Para penyelam dari Polda Kalsel yang ikut berpartisipasi akan tercatat dalam tinta emas momen bersejarah baru bagi Indonesia,” ujar Rifai.

Mantan Kepala SPN Banjarbaru itu menyebut bahwa untuk hari ini, lebih dari 3000 penyelam se nusantara yang berpartisipasi. Mereka terdiri dari berbagai usia dan gender.

“Kita harus bersyukur dan bangga, karena melalui kegiatan tersebut, bisa mengharumkan nama Kalsel karena telah mengikuti kegiatan tingkat nasional," terang Rifai

Menurut Rifai, event seperti ini mungkin hanya akan terjadi satu kali seumur hidup. Untuk itu, para penyelam Polda Kalsel yang berpartisipasi hari ini haruslah bangga.

“Sebab, di antara ribuan penyelam itu, terdapat juga penyelam dari mancanegara seperti Malaysia, Singapura hingga penyelam asal Amerika,” bebernya.

Sebelumnya, aksi pemecahan rekor telah dilakukan WASI (Wanita Selam Indonesia) bersama 578 penyelam pada Kamis (01/08). Yakni rekor rangkaian manusia terpanjang di bawah air (Longest Human Chain Underwater). Sebelumnya Rekor Human Chain GWR dipegang Amerika Serikat tahun 2018, dengan 386 penyelam.

Baca Juga: Meriahnya Harganas XXVI, dari Pemecahan Rekor Muri hingga Hadirnya Peserta KB Lestari

Baca Juga:Penyerahan KIA Terbanyak, Harganas Kalsel Catatkan Rekor MURI Baru

Reporter: Eddy Andriyanto
Editor: Aprianoor



Komentar
Banner
Banner