Kalsel

30 Ibu Hamil dan Menyusui Ikuti Penyuluhan Pendidikan Gizi Pencegahan Stunting

apahabar.com, BATULICIN – Program Studi Kesehatan Masyarakat (PSKM), Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat (ULM) didukung Pemerintah…

Featured-Image
30 ibu hamil, ibu menyusui dan ibu dengan balita di Desa Batuah, Kecamatan Kusan Hilir mengikuti kegiatan penyuluhan pendidikan gizi. Foto-Istimewa

bakabar.com, BATULICIN – Program Studi Kesehatan Masyarakat (PSKM), Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat (ULM) didukung Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melaksanakan penyuluhan pendidikan gizi di gedung serbaguna Kantor Desa Batuah, Senin (2/12).

Kegiatan penyuluhan ini diikuti oleh 30 ibu hamil, ibu menyusui dan ibu dengan balita di Desa Batuah, Kecamatan Kusan Hilir.

“Kegiatan penyuluhan ini sebagai salah satu intervensi promosi kesehatan melalui pendidikan gizi pada kelompok potensial untuk pencegahan stunting,” ujar Fungsional Perencana Muda Bappeda, Hasanudin.

Dengan adanya kegiatan ini, kata Hasanudin, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman terkait dengan pemberian asupan gizi bagi kelompok ibu hamil, ibu menyusui dan ibu dengan anak balita.

Selain itu, ia juga berharap bagi kelompok ibu hamil dan menyusui mampu mengolah bahan pangan lokal yang cukup gizi dan cukup ragam, sesuai dengan ‘ISI PIRINGKU’.

‘ISI PIRINGKU’ merupakan program pemerintah pengganti konsep empat sehat lima sempurna dengan pedoman agar masyarakat paham pentingnya makan sehat dengan gizi seimbang.

Kegiatan penyuluhan pendidikan gizi tersebut juga diisi dengan praktikum menyusun menu bergizi dan lomba menyiapkan menu bergizi.

Materi penyuluhan disampaikan oleh Tim PSKM FK ULM bekerjasama dengan Puskesmas Perawatan Pagatan Bidang Promkes dan Bidang Gizi yang juga melibatkan tim Konvergensi Percepatan Pencegahan Stunting (KP2S) Kabupaten Tanbu, dinas kesehatan, Pemerintah Kecamatan Kusan Hilir, kepala desa, Puskesmas Pagatan, PKK Kecamatan, Petugas Kesehatan Desa, PKK Desa, dan Kader Desa.

Baca Juga: Terus Menekan Stunting, SKPD Batola Berbagi Tugas

Baca Juga: Sudian Noor : Pencegahan Stunting Perlu Sinergisitas

Reporter: Ahc21
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner