Kalsel

3 Lokasi Tanah Ambles di Balangan, Halong hingga Desa Matang Lurus

apahabar.com, PARINGIN – Tanah di tiga wilayah Kabupaten Balangan ambles akibat diguyur hujan semalam. Ada tiga…

Featured-Image
Tanah di tiga wilayah Kabupaten Balangan ambles akibat diguyur hujan semalam, Jumat (31/1). Foto-Syuhada for apahabar.com

bakabar.com, PARINGIN – Tanah di tiga wilayah Kabupaten Balangan ambles akibat diguyur hujan semalam.

Ada tiga desa yang terdampak ambles tanah. Yakni, Desa Liyu dan Karya di Kecamatan Halong, dan Desa Matang Lurus, Kecamatan Lampihong.

Kedalaman ambles di tiga lokasi itu berbeda-beda. Paling parah ada di Desa Liyu hingga ke jalan umum sepanjang 16 meter dan lebar dua meter.

“Sementara di Desa Karya, jalan umum yang berdekatan dengan jembatan tergerus sepanjang 1,7 meter dan lebar 2,2 meter. Sedangkan di Desa Matang Lurus, menggerus hingga jalan aspal sepanjang 27 meter dan lebar 3 meter,” jelas Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Balangan Muhammad Syuhada kepada bakabar.com, Jumat (31/1).

Meski demikian, di tiga titik tersebut masih bisa dilewati. Karena itu dilakukan pendataan BPBD sebagai bahan acuan kalau nantinya diperlukan penanganan.

Longsor diduga akibat abrasi air sungai di daerah sekitar. Pihaknya akan terus berkoordinasi ke instansi teknis untuk penanganan.

Meski dapat dilalaui, Syuhada mengimbau masyarakat selalu waspada terhadap terjadinya musibah, terlebih di musim hujan ini.

Baca Juga:BBPJN XI Selidiki Penyebab Oprit Jembatan Kalumpang HSS Amblas

Reporter: Agus Suhadi
Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner