Peristiwa & Hukum

29 Jam Tenggelam di Sungai Martapura, Jasad Mahasiswa Poliban Ditemukan

Mahasiswa Politeknik Banjarmasin semester 3 itu ditemukan tim gabungan emergency pada Kamis (27/6) dinihari sekitar pukul 02.48 Wita.

Featured-Image
Proses evakuasi Akhmad Ali Yusran (23) yang temukan dalam kondisi tak bernyawa. Jasad korban ditemukan sekitar 500 meter ke arah hilir sungai dari titik dinyatakan jatuh. Foto: Tim Gabungan Emergency

bakabar.com, BANJARMASIN - Akhmad Ali Yusran (23), mahasiswa Politeknik Banjarmasin (Poliban) ditemukan dalam kondisi tak bernyawa setelah dinyatakan tenggelam selama kurang lebih 29 jam di Sungai Martapura.

Mahasiswa semester 3 itu ditemukan tim gabungan emergency pada Kamis (27/6) dinihari sekitar pukul 02.48 Wita setelah dinyatakan pada Selasa (25/6) malam sekitar pukul 22.30 Wita.

Jasad Ali ditemukan sekitar 500 meter ke arah hilir sungai dari titik dimana dia dinyatakan tenggelam. “Ditemukan dekat pos polisi seberang sabilal,” ujar relawan dari MG Elang Utara, saat proses evakuasi.

Setelah berhasil dievakuasi dari sungai, berdasarkan permintaan pihak keluarga jasad Ali kemudian langsung dibawa ke rumah duka di Jalan Antasan Kecil Timur, Banjarmasin Utara.

Sepupu korban, Firman mengatakan bahwa Ali merupakan anak yang baik. Firman mengakui bahwa selama ini Ali memang tak bisa berenang.

Selain itu, Firman juga mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh pihak yang terlibat selama dalam proses pencarian, hingga akhirnya sepupunya tersebut ditemukan.

“Saya mewakili pihak keluarga mengucapkan ribuan terima kasih atas bantuan selama proses pencarian. Baik dari kepolisian, BPBD, termasuk rekan-rekan relawan emergency yang tak kenal lelah membantu mencari keberadaan Ali,”ucapnya.

Sebelumnya diberitakan bahwa Ali dinyatakan tenggelam setelah terpeleset di anak tangga Siring 0 Kilometer, Jalan Jendral Sudirman, Banjarmasin Tengah pada Selasa malam saat ingin mencuci tangan.

Salah seorang saksi mata, Akhli mengaku sempat melihat korban berupaya meminta pertolongan dengan cara melambaikan tangan. 

“Saya mancing tak jauh dari lokasi korban jatuh. Saya juga sempat ada mendengar suara. Saya lihat korban melambaikan tangan,” kata Akhli, Rabu (26/6).

Melihat kejadian tersebut, Akhli pun bergegas mencoba menolong. Namun belum sempat memberikan pertolongan, korban menghilang. 

“Saat saya dekati orangnya tak ada lagi,” jelasnya.

Detik-detik tenggelamnya Ali terekam CCTV

Rekaman CCTV
Rekaman CCTV yang memperlihatkan detik-datik terceburnya korban ke Sungai Martapura. Foto: tangkapan gambar video.

Detik-detik tenggelamnya Ali sempat terekam CCTV di kawasan Siring 0 Kilometer. Video terceburnya Ali pun beredar di media sosial. 

Dari video berdurasi pendek tersebut merekam detik-detik Ali mengenakan jaket hoodie berkelir hitam serta celana pendek berjalan menuju tangga siring.

Sempat beberapa langkah menuruni anak tangga, Ali kemudian terpeleset dan jatuh ke sungai. Tak jauh dari lokasi tersebut, juga tampak ada orang lain.

Dari video CCTV lainya, tampak memperlihatkan Ali berupaya untuk mengangkat kepalanya agar terus muncul ke permukaan air sungai. Namun, setelah itu dia menghilang.

Editor


Komentar
Banner
Banner