Pameran UMKM Kreatif

27 UMKM Meriahkan Pameran Kreatif AKI 2023 di Pangkalpinang

Sebanyak 27 pelaku usaha dari berbagai daerah mengikuti pameran UMKM Kreatif AKI 2023 di Kota Pangkalpinang dibuka Menparekraf Sandiaga Uno.

Featured-Image
Menteri Parekraf RI, Sandiaga Uno hadir di Pameran Kreatif AKI 2023 di Kota Pangkalpinang, Sabtu (3/6). Foto: ANTARA

bakabar.com, JAKARTA - Sebanyak 27 pelaku usaha dari berbagai daerah mengikuti pameran UMKM Kreatif Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2023 di Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yang dibuka Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

Pameran UMKM Kreatif AKI dimulai hari ini hingga 4 Juni 2023, menghadirkan beragam produk kriya, fashion dan kuliner dari pelaku UMKM yang lulus mendaftarkan diri menjadi anggota AKI 2023.

"Sengaja kita pilih Kota Pangkalpinang yang pertama sebelum kita bergerak ke kota lainnya karena Pameran Kreatif AKI 2022 akan hadir di 16 kota yang ada di Indonesia selama 6 bulan ke depan," kata Sandiaga Uno usai membuka sekaligus menjadi mentor utama dalam berbagi pengalaman dalam Pameran Kreatif UMKM AKI 2023 di Pangkalpinang, Sabtu (3/6).

Sandiaga menjelaskan pameran kreatif UMKM AKI 2023 hadir untuk mewarnai kebangkitan dan menjadi lokomotif untuk pemulihan ekonomi pascapandemi. Beragam pelaku UMKM dari Bangka, Belitung, Padang, Palembang dan Jambi menawarkan beragam produk unggulannya.

Baca Juga: Transformasi Ekonomi Digital, Indonesia Kembangkan Kolaborasi

"Hal ini menunjukkan ekosistem ekonomi kreatif kita semakin kuat dan pesat untuk menggapai target pencapaian 44 juta lapangan kerja baru untuk masyarakat Indonesia dan pada periode ini sudah 45 persen tercapai, kita optimistis tercapai di akhir tahun 2023," katanya.

Di pameran kreatif UMKM AKI 2023, pelaku UMKM Bangka menonjolkan produk kuliner serta fashion seperti TanahWari. Namun produk kriya yang ditampilkan juga menjadi bagian 75 persen subsektor unggulan untuk ekonomi kreatif.

Menurut Sandiaga jika di Pangkalpinang memilih kuliner, kota-kota lain juga dapat melihat kekuatan subsektor lain karena ekonomi kreatif ada 17 subsektor yang dapat menciptakan lapangan kerja enam kali lipat lebih banyak dibanding sektor ekonomi lain.

"Untuk fashion dan produk kuliner harus di bantu pengemasan agar lebih tahan lama seperti produk rendang yang bisa langsung makan tadi ke depan agar produksinya bisa lebih dipromosikan untuk lebih dikenal agar nanti bisa go internasional," ujarnya.

Baca Juga: Sandiaga Uno Apresiasi Garuda Indonesia yang Luncurkan Pesawat Pokemon

Sandiaga berharap melalui pameran kreatif UMKM AKI 2023, para pelaku UMKM di daerah dapat terinspirasi dan termotivasi karena seorang pengusaha harus terus bekerja keras, bekerja cerdas dan bekerja tuntas.

"Dalam mempromosikan produk ke luar negeri, kita juga punya duta besar di luar negeri yakni Dubes Amerika yang dulu adalah seorang mantan ketua Kadin. Beliau sangat aktif mempromosikan produk kita dan produk Babel sangat bisa kita bawa ke Amerika," terangnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner