Kalsel

22 Unit Huntara untuk Korban Longsor di Panggung Baru Tala Dibangun

apahabar.com, PELAIHARI – Prokopim Pemerintah Kabupaten Tala dibantu masyarakat membangun 22 unit Hunian Sementara (Huntara) bagi…

Featured-Image
Bupati Tala Sukamta gotong royong membangun Huntara di Desa Panggung Baru Pelaihari. Foto-Istimewa

bakabar.com, PELAIHARI - Prokopim Pemerintah Kabupaten Tala dibantu masyarakat membangun 22 unit Hunian Sementara (Huntara) bagi pengungsi korban longsor di Desa Panggung Baru, Kecamatan Pelaihari.

Pembangunan Huntara dimotori langsung Bupati Tanah Laut Sukamta, Wakil Bupati Abdi Rahman, Dandim 1009 Pelaihari dan Kapolres Tala.

Sukamta, Minggu (14/3) mengatakan, ini salah satu bentuk memberikan jaminan keamanan pada wilayah rawan tanah longsor.

Pemerintah Kabupaten Tanah Laut bersama TNI-POLRI, PMI Kabupaten Tala saling bergotong royong dan bersinergi dalam membangun hunian sementara sembari menata ruang wilayah.

“Warga Desa Panggung Baru dan Tungkaran di sekitar gunung keramaian ini mengalami trauma, tanah longsor akan terjadi lagi. Karenanya kami siapkan hunian sementara yang sekaligus menjadi titik kumpul jika bencana tersebut kembali terjadi," ujarnya.

Ia mengimbau warga sekitar untuk mengenali tanda-tanda akan terjadinya bencana tanah longsor untuk kemudian bersiap-siap menuju titik kumpul.

“Saya harap masyarakat tidak perlu panik, tetap tenang dan kenali tanda-tanda alam karena ketika mau longsor pasti ada tanda-tanda yang salah satunya bunyi gemuruh, kenali semua tanda-tandanya agar kita bisa mengantisipasi saat bencana tersebut akan terjadi," ucapnya.



Komentar
Banner
Banner