Kereta Cepat Jakarta-Bandung

2023, Kereta Cepat JKT-BDG Beroperasi, Jakarta Bandung Hanya Satu Jam?

Tahun 2023, Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) ditarget beroperasi. Perjalanan Jakarta-Bandung diklaim hanya butuh waktu 1 jam. Betulkah?

Featured-Image
Kereta Cepat. Foto: Algi Febri Sugita/SOPA Images/LightRocket/Getty Images.

bakabar.com, JAKARTA- Tahun 2023, Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) ditarget beroperasi. Perjalanan Jakarta-Bandung diklaim hanya butuh waktu 1 jam. Betulkah?

PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyiapkan dua layanan kereta api yang akan menghubungkan pusat kota Jakarta dan Bandung dengan Stasiun Kereta Cepat, yaitu LRT Jabodebek dan KA Feeder KCJB.

"LRT Jabodebek dan KA Feeder ini akan mempermudah konektivitas masyarakat untuk menuju stasiun KCJB," ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus dikutip dari detik.com Senin (5/11).

Menurutnya, perjalanan dari Stasiun LRT Jabodebek Dukuh Atas menuju Stasiun LRT Jabodebek Halim hanya membutuhkan waktu 20 menit.

Headway LRT Jabodebek pada rute Dukuh Atas - Halim pada jam sibuk dapat mencapai 8 menit sekali.

"Masyarakat juga dapat menggunakan KRL Commuterline menuju stasiun yang terkoneksi dengan LRT Jabodebek yaitu Stasiun Sudirman dan Cawang untuk selanjutnya meneruskan perjalanan menggunakan LRT ke Stasiun KCJB Halim," ungkap Joni.

Sementara perjalanan KCJB dari Stasiun KCJB Halim menuju Stasiun KCJB Padalarang akan ditempuh hanya dalam waktu kurang dari 30 menit.

Di Padalarang, KAI telah menyediakan layanan KA Feeder yang jadwalnya menyesuaikan dengan jadwal kedatangan KCJB.

Ia menambahkan, waktu tempuh KA Feeder KCJB untuk menuju Stasiun Bandung hanya 18 menit.

Sementara perjalanan kereta cepat sendiri memakan waktu sekitar 40 menit.

Sehingga jika pelanggan berangkat dari Stasiun Dukuh Atas hingga mencapai Kota Bandung maka total waktu yang diperlukan mencapai satu jam lebih 20 menit.

Namun jika berangkat dari Halim langsung pakai kereta cepat maka bisa hanya satu jam.

Sarana KA Feeder berupa lima rangkaian KRDE di mana setiap rangkaiannya terdiri dari lima kereta. Dalam satu rangkaian, KA Feeder KCJB berkapasitas 280 pelanggan.

Sementara untuk prasarana KA Feeder KCJB, saat ini pembangunan fisik Hall atau ruang tunggu khusus pelanggan KCJB di Stasiun Bandung dan Cimahi telah selesai 100%.

Sedangkan di Stasiun Padalarang masih dalam proses pembangunan.

KAI dan KCIC saat ini sedang menyiapkan fasilitas dan standar pelayanan minimum untuk parkand ride dan ruang tunggu KA Feeder KCJB.

Editor


Komentar
Banner
Banner