Hot Borneo

2 Hari Jelang Iduladha, Petugas Gabungan di Tabalong Cek Hewan Kurban

apahabar.com, TANJUNG – Dua hari menjelang hari raya Iduladha 1443 Hijriyah, petugas di Kabupaten Tabalong bersama-sama…

Featured-Image
Petugas gabungan memberikan suntikan ke hewan guna meningkatkan imunitas ternak. Foto-Istimewa

bakabar.com, TANJUNG – Dua hari menjelang hari raya Iduladha 1443 Hijriyah, petugas di Kabupaten Tabalong bersama-sama melakukan pengecekan hewan ternak untuk kurban.

Pengecekan dilakukan Polres Tabalong bersama Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) di tiga lokasi kandang pengusaha hewan kurban di wilayah Kelurahan Hikun,Tanjung, Jumat (8/7).

Dalam kegiatan tersebut dipimpin Kabid Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner pada Disbunnak Tabalong, drh Suwandi, diikuti Kasat Samapta Polres Tabalong Iptu I Nyoman Sudharma, Kapolsek Tanjung Iptu Saepudin, Lurah Hikun, Kasi Dokkes Polres Tabalong dan Kanit Ekonomi Sat Intelkam Polres Tabalong.

Di tiga lokasi tersebut terdapat 105 ekor sapi yang akan dikurbankan pada hari raya Iduladha ini.

“Pengecekan ini untuk memastikan tidak adanya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak,” kata Kabid Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner pada Disbunnak Tabalong, drh Suwandi.

Selain melakukan pengecekan tersebut, juga dilakukan kontrol kesehatan ternak seperti pemberian suntikan guna meningkatkan imunitas ternak dan penyemprotan disinfektan di kandang ternak.

Petugas gabungan juga melakukan komunikasi serta edukasi dan informasi masyarakat peternak tentang penyakit PMK, agar selalu waspada.

“Dari hasil pengecekan dan pemeriksaan, ternak aman dan layak untuk dijadikan hewan kurban,” jelas Suwandi.

Terpisah, Kapolres Tabalong AKBP Riza Muttaqin melalui Kasubsi Penmas Sihumas Polres Tabalong Aipda Irawan Yudha Pratama mengimbau kepada para peternak agar tidak panik dengan adanya wabah PMK yang menyerang ternak di luar Tabalong.

“Apabila menemukan gejala – gejala mengarah ke PMK agar segera melaporkan kepada Disbunnak Tabalong untuk penanganan lebih lanjut,” pintanya.



Komentar
Banner
Banner