Hot Borneo

12 Tahun Menanti, Haru Bahagia Calon Haji Asal Kalsel Jelang Keberangkatan

apahabar.com, BANJARBARU – Panggilan menunaikan ibadah haji sudah di depan mata Abdillah Saragi Gafuri. Ia merupakan…

Featured-Image
Pintu masuk asrama haji Embarkasi Banjarmasin, jelang keberangkatan calon jemaah haji asal Kalsel dan Kalteng. Foto-apahabar.com/Saiful Riki

bakabar.com, BANJARBARU – Panggilan menunaikan ibadah haji sudah di depan mata Abdillah Saragi Gafuri. Ia merupakan satu dari seribu warga Kalimantan Selatan (Kalsel) yang berangkat ke tanah suci tahun ini.

Kesabarannya selama 12 tahun menantikan, akhirnya bakal kesampaian. Ia bersama rombongan calon jemaah haji Embarkasi Banjarmasin lainnya akan berangkat ke Arab Saudi, 14 Juni nanti.

Warga Kota Banjarbaru itu sudah masuk daftar tunggu calon jemaah haji Kalsel sejak 2010 lalu. Kini, haru bahagia penuh syukur pun mengiringi jelang keberangkatannya.

"Alhamdulillah, setelah 12 tahun akhirnya akan memenuhi panggilan Allah," kata Abdillah.

Berbagai persiapan dan tahapan sudah dirinya lakukan. Mulai fisik hingga bekal pengetahuan selama menjalankan ibadah haji di tanah suci nanti.

Misalnya, seperti pelaksanaan manasik haji. Abdillah mengaku setiap tahun -selama tertunda-, para calon jemaah haji di Banjarbaru selalu mengikuti kegiatan manasik.

"Walau tertunda, jemaah asal Banjarbaru sedikitnya sudah ada bekal pengetahuan," ujarnya.

Khusus soal kesehatan, pemerintah daerah juga telah memberi tips kepada calon jemaah untuk menjaga daya tahan tubuh selama berada di Arab Saudi. Terlebih, bila kondisi cuaca yang sangat terik.

Seperti diketahui, berdasar laporan Pusat Kesehatan Haji Kemenkes RI, suhu harian di Arab Saudi pada Juni hingga Juli rata-rata mencapai 42-45 derajat celcius.

Bahkan, puncaknya diperkirakan bisa sampai 55 derajat celcius. Kondisi ini dipastikan lebih panas dibanding suasana haji pada 2019 silam.

Seiring dengan itu, seorang jemaah calon haji Kalsel lainnya asal Banjarmasin, Achmadi mengaku sudah melakukan persiapan sedemikian rupa.

Mulai obat-obatan pribadi, alas kaki, hingga alat semprot air agar tidak dehidrasi.

"Semoga nantinya bisa melakukan ibadah dengan khusyuk, tanpa halangan," kata pria yang juga menjabat sebagai Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial, Dinsos Provinsi Kalsel ini.

Bagi Achmadi, bisa melaksanakan rukun Islam ke-5 ini merupakan sebuah kebahagiaan yang sangat luar biasa.

Sekadar informasi, Embarkasi Banjarmasin akan memberangkatkan sebanyak 1.743 orang jemaah calon haji dari Kalsel dan 736 orang dari Kalteng.

Semua jemaah akan tergabung dalam 7 kloter. Diberangkatkan dengan Pesawat Garuda Indonesia jenis airbus 330 dengan seat penumpang berjumlah 360.

Kloter pertama akan diberangkatkan 12 juni 2022, dan pada tanggal 11 Juni 2022 akan masuk asrama haji terlebih dahulu.

Komentar
Banner
Banner