Hari Museum Nasional

12 Oktober Hari Museum Nasional: Intip Koleksi Terunik di Jakarta

Hari Museum Nasional diperingati setiap tanggal 12 Oktober. Peringatan ini tercetus melalui Musyawarah Museum se-Indonesia (MMI) yang sudah bergulir sejak 1962.

Featured-Image
Hari Museum Nasional. (Foto: dok.Jakarta100bars)

bakabar.com, JAKARTA - Tujuh tahun silam, tepatnya mulai 2015, Hari Museum Nasional diperingati setiap tanggal 12 Oktober. Peringatan ini tercetus melalui Musyawarah Museum se-Indonesia (MMI) yang sudah bergulir sejak 1962. 

Melansir laman Kemendikbud, Hari Museum Nasional bertujuan agar pengelola tempat koleksi bersejarah itu bisa memberikan pelayanan terbaik dan inovasi. Sekaligus, museum diharapkan dapat menampilkan koleksi-koleksi terbaiknya untuk menarik pengunjung.

Berbicara tentang koleksi, museum tak melulu menyimpan barang-barang kuno yang terkesan ‘membosankan.’

Terlebih di Jakarta – sebagai ibu kota negara, kawasan ini memiliki sejumlah museum yang tak biasa, bahkan terbilang kekinian.

Lantas, tempat mana sajakah itu? Merangkum berbagai sumber, berikut deretan museum dengan koleksi terunik di Jakarta:

Museum Harry Darsono

Museum yang satu ini ‘wajib’ dikunjungi para pecinta fesyen. Adalah Museum Harry Darsono, tempat yang mengoleksi karya rancangan busana nan mendunia.

Museum Harry Darsono (Foto: dok. Okezone)
Museum Harry Darsono (Foto: dok. Okezone)

Museum yang didirikan desainer kondang Indonesia ini, beberapa di antaranya, memamerkan gaun yang pernah dipakai oleh Lady Diana dan Ratu Rania.

Tak cuma koleksi yang unik, tata cara berkunjung ke sini pun agak berbeda dari museum lain.

Pengunjung yang hendak bertandang ke museum nan berlokasi di Cilandak, Jakarta Selatan, ini mesti mengenakan sandal. Sebab, sang pemilik, Harry Darsono, mengidap penyakit ADHD, di mana mudah terganggu bila mendengar suara berisik sepatu.

Museum di Tengah Kebun

Museum yang berlokasi di Kemang, Jakarta Selatan, nampak seperti rumah yang dikelilingi tanaman hijau.

Museum di Tengah Kebun (Foto: dok. BackpackerJakarta)
Museum di Tengah Kebun (Foto: dok. BackpackerJakarta)

Nuansanya sangat berbeda dengan museum kebanyakan, di mana memiliki kebun dan taman.

‘Museum di Tengah Kebun’, begitu sebutannya, merupakan rumah pribadi dari kolektor benda seni, yaitu Sjarial Djalil. Koleksinya mencapai 4.000 benda yang dia dapatkan dari berbagai negara. 

Koleksi tersebut, antara lain batu bata yang terdapat pada bangunan VOC, fosil, dan artefak pada zaman prasejarah. Sayangnya, untuk melihat koleksi itu, pengunjung mesti melakukan reservasi dari jauh-jauh hari.

Museum Art Mon Decor

Kalau Anda merupakan pecinta seni rupa, Museum Art Mon Decor wajib masuk ke dalam daftar destinasi wisata.

Museum Art Moon Decor (Foto: dok. TerasJakarta)
Museum Art Moon Decor (Foto: dok. TerasJakarta)

Museum yang berlokasi di Kemayoran, Jakarta Pusat, menyajikan koleksi lukisan dan seni rupa hasil karya seniman Indonesia.

Museum yang didesain Martha Gunawan ini bergaya modern dan terlihat artistik. Koleksi di dalamnya akan diganti setiap enam bulan sekali, sehingga menghadirkan suasana fresh.

Di museum ini juga terdapat kafe yang bisa dimanfaatkan pengunjung untuk bersantai.

Demikianlah tiga museum terunik di Jakarta yang bisa menjadi referensi berlibur Anda di akhir pekan. Tertarik mengunjungi salah satunya?

Editor


Komentar
Banner
Banner