Politik

100 Beasiswa Banjar Bersinar untuk Santri Berprestasi

apahabar.com, MARTAPURA – Kandidat Bupati Banjar 2020-2024 DR Andin Sofyanoor SH MH tak hanya bicara secara…

Featured-Image
Kandidat Bupati Banjar 2020-2024 DR Andin Sofyanoor SH MH. Foto-Istimewa.

bakabar.com, MARTAPURA – Kandidat Bupati Banjar 2020-2024 DR Andin Sofyanoor SH MH tak hanya bicara secara substansi terkait program dan gagasannya di bidang pendidikan.

Tapi, sudah masuk dalam ranah esensial, dengan tak hanya monoton mengetahui langkah terluar dari program-programnya.

"Sudah menganalisa bagaimana Hadramaut dan Darul Musthofa di Yaman, Al Azhar di Mesir atau Darul Hadits di Maroko menjadi tujuan menimba ilmu santri-santri Banjar di luar negeri," kata Andin, belum lama tadi.

Program 100 beasiswa untuk santri dan santriwati berprestasi di Kabupaten Banjar sudah dipersiapkan.

"Setiap tahun akan kita berikan 100 beasiswa kepada santri dan santriwati. Kita cetak ulama, kita kirim mereka sesuai keilmuannya keluar negeri seperti Hadramaut, Darul Mustafa di Yaman, Al Azhar di Mesir, Darul Haditsdi Maroko dan lainnya," ungkap Andin.

Selain keluar negeri, para santri juga bisa meneruskan ilmu ke Gontor Ponorogo atau Lawang Malang di Jawa Timur dan daerah lainnya.

Sehingga, nantinya bila santri-santri ini telah selesai menimba ilmu agama di luar daerah dan luar negeri, setiap desa akan memancarkan cahaya oleh mutiara-mutiara baru itu.

"Ini bagian dari mengembalikan cahaya Bumi Serambi Mekkah, kita berikan beasiswa kepada santri-santriwati untuk menimba ilmu agama keluar daerah dan keluar negeri. Kemudian ilmu tadi dimanfaatkan di daerahnya," ucap Andin.

Perlu diketahui gagasan Andin Sofyanoor ini sudah dilayangkannya sejak awal, ketika menyatakan diri maju di Pilkada Banjar 2020 atas mandat ulama.(*)

Komentar
Banner
Banner