Kalsel

Sampah di Terminal Km 6 Banjarmasin Usik Kenyamanan Pengungsi

apahabar.com, BANJARMASIN – Beberapa hari sampah tak diangkut, kenyamanan pengungsi di Terminal Km 6 Banjarmasin pun…

Oleh Syarif
Sampah di Terminal Km 6 Banjarmasin sudah beberapa hari tidak diangkut. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN - Beberapa hari sampah tak diangkut, kenyamanan pengungsi di Terminal Km 6 Banjarmasin pun terusik.

Bukan saja tak enak dipandang mata, keberadaan tumpukan sampah di areal Terminal Tipe B itu mengeluarkan aroma tidak sedap.

Pengungsi pun mengeluhkan sampah tersebut berceceran dan tidak diangkut oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Pengungsi di Terminal Km 6 ini mencapai 500 jiwa dengan 105 Kepala Keluarga (KK).

"Beberapa hari ini sampah tidak terangkut ke TPA dan ada penumpukan di lingkungan terminal kita ini," ujar Kepala UPTD Terminal Tipe B Dinas Perhubungan (Dishub) Kalsel, Rusma Khazairin, Rabu (20/1).

Ia mengaku khawatir sampah yang tidak diangkut tersebut menjadi permasalahan baru bagi kesehatan pengungsi. Selain itu, keindahan kota peraih Piala Adipura ini tengah disorot.

"Kami harapkan bisa ditangani oleh Pemkot Banjarmasin," pungkasnya.

Kepala Bidang Kebersihan DLH Banjarmasin Marzuki menerangkan masalah sampah di Terminal Tipe B Km 6 Banjarmasin sudah diatasi dengan baik.

Namun sebelumnya, ia menuturkan pihaknya menerima keluhan lantaran sampah terendam air. Sampah yang dihasilkan pengungsi beragam karena ada dari dapur umum.

"Rencananya kita tambah lagi satu bak sampah untuk menangani sampah pengungsi," katanya.

Ia mengimbau supaya masyarakat membuang sampah yang sudah dibungkus rapi ke TPS. Hal ini diakuinya untuk menghindari sampah menyebar dalam kondisi air pasang.

"Karena ada beberapa TPS yang terendam juga," tutupnya.