Parenting

Makan Bersama Keluarga, Terasa Sepele Padahal Baik untuk Kesehatan Mental

Makan bersama keluarga mungkin terdengar remeh, padahal punya manfaat baik untuk kesehatan mental dan fisik.

Ilustrasi Makan Bersama Keluarga - apahabar

apahabar.com, JAKARTA - Makan bersama keluarga mungkin terdengar remeh, padahal punya manfaat baik untuk kesehatan mental dan fisik.

Makan bersama  bisa menjadi tips dalam mengasuh anak.  Rutin melakukan kegiatan ini dapat meningkatkan prestasi akademis anak, meningkatkan kepercayaan diri mereka, bahkan hingga mengurangi risiko kesehatan mental.

Melansir Parents, Harvard Graduate School menjelaskan bahwa makan bareng satu meja dengan keluarga memiliki manfaat lho, yuk simak.

1. Meningkatkan Kebiasaan Makan yang Sehat
Anak membutuhkan zat besi yang diperoleh dari makanan. Foto: oksun70/istock photo

Pada 2018, penelitian JAMA Network Open menemukan bahwa makan bersama anggota keluarga dikaitkan dengan pola makan yang baik, terutama pada remaja.

Anak-anak cenderung akan memakan makanan yang ada di meja makan, baik berupa sayuran, buah-buahan hingga makanan lain. Dan menghindarinya dari makanan cepat saji dan minuman bersoda.

2. Mencegah Gangguan Kesehatan Mental
Makan Bersama Keluarga Mencegah Gangguan Kesehatan mental. Foto: Freepik

Keluarga yang kerap melakukan makan bersama cenderung mencegah masalah gangguan makan, depresi, hingga pikiran bunuh diri pada remaja. Serta kemungkinan besar mendapat perlindungan dari keluarga.

Dalam survei 2022 menunjukkan bahwa 91% orang tua melaporkan, stres keluarga berkurang secara signifikan ketika melakukan makan bersama secara teratur.

3. Mencegah Kenaikan Berat Badan
Ilustrasi Turunkan Berat Badan. Foto-net

Dalam Journal of Pediatrics tahun 2015 menemukan korelasi langsung antara frekuensi makan bersama keluarga pada masa remaja, dan penurunan obesitas.

Temuan serupa juga dikonfirmasi dalam penelitian 2017 yang diterbitkan Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics, masakan rumahan dapat menurunkan risiko obesitas di masa dewasa.

4. Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi
Makan bersama keluarga meningkatkan keterampilan komunikasi. Foto: Freepik

Makan bersama memberikan kesempatan untuk berkomunikasi dan keterlibatan lain yang positif. Menjadi ajang untuk berdiskusi hingga interaksi yang intensif satu sama lain.

5. Meningkatkan Kepercayaan Diri pada Anak
kepercayaan diri anak terlatih saat makan bersama. Foto: Freepik

Berkumpul dengan keluarga mendorong anak untuk berbicara tentang keseharian meraka. Sebagai orang tua, Anda harus menghargai dan menghormati anak, dengan mengizinkan mereka memilih tempat duduk hingga terlibat dalam melakukan tugas lainnya.

6. Sebagai Terapi Keluarga
makan bersama keluarga sebagai terapi. Foto: Freepik

Kebiasaan makan malam bersama dapat menjadi terapi, serta membuat keluarga saling terhubung dan berinteraksi dalam ruang dan waktu yang sama.

Meluangkan waktu untuk melakukan duduk bersama keluarga diselingi dengan makan tidaklah sulit dilakukan. Hal ini dapat menjadikan hubungan antar anggota keluarga menjadi semakin dekat dan terjalin dengan baik.