Sport

Tour de Barito Kuala 2021, Gelar Juara Diborong Pebalap Sepeda Nasional

apahabar.com, MARABAHAN – Sederet pebalap nasional sukses mendominasi kelas road bike Tour de Barito Kuala (Batola)…

Featured-Image
Sejumlah pebalap sepeda peserta Tour de Barito Kuala 2021 melintasi Jembatan Rumpiang, Kamis (4/11). Foto: Prokopimda Batola

bakabar.com, MARABAHAN – Sederet pebalap nasional sukses mendominasi kelas road bike Tour de Barito Kuala (Batola) 2021, Kamis (4/11).

Dilepas Bupati Batola, Hj Noormiliyani AS, di Marabahan, semua pebalap dari empat kategori lomba menempuh jarak sejauh 112 kilometer, serta melewati sepuluh kecamatan di Bumi Selidah.

Memasuki rest pertama di Kecamatan Jejangkit sekitar 10.00, hampir semua pebalap masih menyimpan tenaga masing-masing.

Untungnya matahari cukup bersahabat, meski mendung mulai menggelayuti hampir sebagian besar kawasan di Batola.

Sementara dalam perjalanan rombongan menuju rest area berikutnya di Kecamatan Belawang, sejumlah pebalap mulai mencoba menjajaki kekuatan lawan dengan sedikit menaikkan tempo.

Di sisi lain, hujan mulai turun dan sempat menunda start di rest area ketiga. Kemudian terdapat trek yang agak rusak di jalan provinsi di kawasan Anjir Pasar.

Akibat trek yang cukup licin, membuat semua pebalap lebih berhati-hati menuju rest area terakhir di Desa Bagagap, Kecamatan Barambai.

Balapan sesungguhnya mulai terjadi dalam 10 kilometer terakhir dari Bagagap menuju Marabahan. Dibantu cuaca yang kembali panas, kualitas pebalap-pebalap sepeda nasional pun mulai tampak.

Akhirnya Odie Purnomo Setiawan berhasil finis terdepan di kategori man elite atau rentang usia 24 hingga 35 tahun.

Peraih emas PON XIX Jawa Barat dari nomor 4.000 meter individual pursuit putra ini, menyelesaikan lomba dengan catatan waktu 24 menit 48,89 detik.

Sementara di kategori 17 hingga 23 tahun, Terry Yudha Kusuma tidak terkejar. Anggota Pelatnas SEA Games 2022 dari Kepala Gading Bikers (KGB) ini finis dengan catatan waktu 21 menit 46,98 detik.

Kemudian dari kategori usia 36 tahun keatas, Zulkifli berhasil finis paling depan. Pebalap Kalimantan Barat ini membukukan catatan waktu 24 menit 25,22 detik.

Baik Odie Purnomo Setiawan, Terry Yudha Kusuma dan Zulkifli berhak atas uang hadiah masing-masing sebesar Rp25 juta.

Sedangkan di kelas wanita yang baru dipertandingkan di Tour de Batola, Dewika Mulya Sova finis paling awal dengan keunggulan 10 detik atas Chika Zerra Arta di peringkat kedua.

Dewika Mulya Sova yang juga anggota Pelatnas SEA Games 2022 dan memperkuat Kepala Gading Bikers, membukukan catatan waktu 25 menit 07,36 detik, sekaligus memperoleh hadiah uang sebesar Rp10 juta.

“Race berjalan bagus. Memang sedikit terkendala dengan trek yang campur-campur antara aspal dan sedikit batu. Kemudian hujan dan jalan sedikit licin,” papar Terry Yudha Kusuma.

“Namun demikian, seharusnya event-event seperti ini diselenggarakan setiap tahun. Kalau soal trek yang flat (tanpa tanjakan), bukan masalah besar. Itu juga akan menjadi ciri khas Tour de Batola,” imbuhnya.

Sementara Dewika Mulya Sova menggunakan strategi breakaway di beberapa kilometer terakhir untuk meninggalkan pesaing, terutama di trek yang lebih mulus.

“Balapan berlangsung cukup seru. Intinya saya berencana melakukan breakaway sekali dan ternyata bisa meninggalkan rombongan besar,” jelas Dewika.

“Memang untuk 10 kilometer terakhir, jalan lebih mulus. Sedangkan trek-trek awal sedikit kurang nyaman,” imbuhnya.

Terlepas dari pengalaman yang diperoleh semua peserta, Noormiliyani berterima kasih atas kehadiran pebalap sepeda dari berbagai provinsi di Indonesia.

“Kami berharap setelah melintasi sejumlah kawasan di Batola, semua peserta road bike mendapatkan kesan tersendiri,” papar Noormiliyani.

“Kami juga meminta maaf, karena sejumlah jalan agak rusak akibat terkena banjir beberapa waktu lalu,” tandasnya.

Berikut hasil lengkap Tour de Batola 2021:

Road Bike 24-35 Tahun1. Odie Purnomo Setiawan (Yogyakarta)2. Abdul Ganie (Yogyakarta)3. Muh Iman Arifin (Yogyakarta)

Road Bike 17-23 Tahun1. Terry Yudha Kusuma (Jawa Tengah)2. Rizaldi A Ridha (Kalimantan Selatan)3. Nur Ihsan (Kalimantan Barat)

Road Bike 36 Tahun Keatas1. Zulkifli (Kalimantan Barat)2. Alvin Firlandi (Jakarta)3. Irwansyah Datuk (Kalimantan Timur)

Road Bike Khusus Wanita Open1. Dewika Mulya Sova (Jawa Timur)2. Chika Zerra Arta (Jawa Timur)3. Shakilla Azka Shalsabillah (Kalimantan Barat)

img

Bupati Barito Kuala, Hj Noormiliyani AS, menyerahkan hadiah kepada Dewika Mulya Sova yang menjuarai road bike kelas wanita open. Foto: Prokopimda Batola

Ayo Bersiap Goweser Banua, Tour de Batola Bakal Digelar Lagi

Komentar
Banner
Banner