Tak Berkategori

Waspada! Banjarmasin Segera Dihantui Air Pasang hingga 2,7 Meter

apahabar.com, BANJARMASIN – Masyarakat Kota Banjarmasin harus ekstra hati-hati. Awal Mei mendatang, air pasang diprediksi mengadang….

Featured-Image
Akhir-akhir ini sejumlah kawasan di Banjarmasin mulai kembali tergenang. Foto diambil Minggu 4 April. apahabar.com/Fariz Fadhillah

bakabar.com, BANJARMASIN – Masyarakat Kota Banjarmasin harus ekstra hati-hati. Awal Mei mendatang, air pasang diprediksi mengadang.

“Ketinggian pasang air bisa mencapai 2,4 sampai 2,7 meter pada bulan Mei nanti,” ujar Kepala Bidang Sungai di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Banjarmasin, Hizbul Wathoni, Senin (5/4).

Diprediksi terjadi sejak 1 hingga puncaknya yakni tanggal 6 Mei. Itu belum termasuk air dari curah hujan deras.

“Apalagi air kiriman. Hanya sebatas dari pasang air laut saja. Makanya perlu diwaspadai,” ujarnya.

Banjarmasin Perpanjang Status Darurat Banjir

Thony bilang dari data telemetri sekarang kenaikan air terjadi sekitar 2 meter. Menurutnya situasi itu tidak begitu tinggi. Sementara yang menyebabkan ketinggian air saat ini adalah air kiriman.

“Itu hasil dari pemantauan belum lama tadi,” tambahnya.

Di samping itu, Thoni bilang kondisi Mei mendatang murni dari pasang air. Bukan karena air kiriman. Ketinggiannya, sekali lagi diprediksi 2,4 meter sampai 2,7 meter.

“Padahal sebelumnya, kalau toh air pasang terjadi, tingginya hanya 2,1 sampai 2,4 meter saja,” tuturnya.

Untuk itu, ia pun berharap, saat ketinggian air terjadi pada Mei nanti tidak diiringi dengan curah hujan yang tinggi. Lebih-lebih, terjadi hujan di bagian hulu.

Lantas, apakah sudah ada antisipasi yang dilakukan pihaknya?

Baca selengkapnya di halaman selanjutnya:

HALAMAN
12


Komentar
Banner
Banner