Kalsel

Teka-Teki Segera Terjawab, Pj Wali Kota Banjarmasin dan Pj Bupati Kotabaru Dilantik Siang Ini

Mapahabar.com, BANJARMASIN – Pj Gubernur Kalsel, Safrizal ZA, akan memimpin pelantikan Pejabat (Pj) Wali Kota Banjarmasin…

Featured-Image
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Mujiyat (kanan) dan Kepala Dinas Kesehatan Muslim digadang kuat mengisi kursi Pj wali kota Banjarmasin. Foto: Ist

Mbakabar.com, BANJARMASIN – Pj Gubernur Kalsel, Safrizal ZA, akan memimpin pelantikan Pejabat (Pj) Wali Kota Banjarmasin dan Pj Bupati Kotabaru, Jumat (2/4) siang.

Pelantikan akan digelar di Gedung Mahligai Pancasila pada pukul 14.00 Wita.

Namun, hingga detik ini dua nama yang akan mengisi jabatan tersebut masih misterius.

Kepala Bagian (Kabag) Tata Pemerintahan Banjarmasin, Dolly Syahbana, juga belum tahu siapa sosok yang akan menggantikan Ibnu Sina sementara waktu.

Pihaknya, kata dia, hanya mendapatkan instruksi dari Pemprov Kalsel untuk menunggu pelantikan berlangsung.

"Mungkin berkaitan dengan PSU 2 tahap (Wali Kota dan Gubernur). Jadi Pj Gubernur perlu menunjuk orang yang benar-benar netral," ujarnya.

Pihaknya, kata Dolly, juga tidak menghadiri langsung acara pelantikan Pj Wali Kota Banjarmasin. Sesuai instruksi, ASN Pemkot Banjarmasin hanya akan menyaksikan pelantikan secara daring.

"Kita sama aja mengikuti di Aula Kayuh Baimbai hari ini. Semua pejabat Pemkot hadir mengikuti secara virtual," ucapnya.

Dua nama yang mencuat untuk menduduki posisi Pj Wali Kota Banjarmasin adalah Mujiyat yang saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kalimantan Selatan dan Kepala Dinas Kesehatan Kalsel, Muslim.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPRD Banjarmasin, Matnor Ali telah mewanti-wanti agar Pemprov Kalsel menunjuk sosok yang memiliki leadership kuat sebagai Pj wali kota Banjarmasin.

Sesuai UU Nomor 30 Tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintahan, Plh atau Plt tidak berwenang mengambil keputusan dan/atau tindakan bersifat strategis yang berdampak pada perubahan status hukum pada aspek organisasi, kepegawaian, dan alokasi anggaran.

"Karena sebagai Pj wali kota, dia diamanahkan untuk bisa mengambil kebijakan strategis terkait penyelenggaraan pemerintah daerah," ujar politikus Golkar tersebut kepada bakabar.com.

Tags
Kalsel


Komentar
Banner
Banner