Religi

Said Aqil Siradj Tanggapi Santai Kemungkinan Haji 2020

apahabar.com, SURABAYA – Setelah merebaknya virus corona, pemerintah Arab Saudi pun menghentikan sementara ibadah umrah. Langkah…

Featured-Image
Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj.Foto-net

bakabar.com, SURABAYA - Setelah merebaknya virus corona, pemerintah Arab Saudi pun menghentikan sementara ibadah umrah. Langkah tersebut diapresiasi Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj.

Menurut Kiai Siad, langkah tersebut, tepat diambil karena bagian untuk menyelamatkan umat Islam dari serangan virus corona.

“Justru pemerintah Saudi (Arabia) menyelamatkan umat Islam yang akan pergi ke sana. Karena di sana belum terjamin, belum betul-betul steril dari corona. Makanya di sana disetop dulu,” kata Said ditemui seusai Shalat Jumat di Masjid Polda Jatim, Surabaya, Jumat (6/3).

Said Aqil berharap, serangan virus corona bisa segera berakhir, sehingga tidak mengganggu proses pelaksanaan ibadah haji.Namun, kata dia, jika pun nantinya ibadah haji tetap tidak bisa dilaksanakan karena wabah virus corona, menurutnya tidak masalah. Karena itu merupakanudzur syari.

“Mudah-mudahan ada dong (ibadah haji). Kita lihat perkembangannya. Kalau pun terganggu itu gak apa-apa karena adanya udzur syari. Kehendak Allah bukan kehendak kita. Adanya corona kehendak Allah. Gak apa-apa niat baik kan sudah dapat pahala,” ujar Said Aqil.

Said Aqil juga mengingatkan masyarakat agar tidak panik terkait mewabahnya virus corona. Menurutnya, masyarakat harus tetap tenang, dengan memperbanyak doa dan menjalankan prilaku hidup sehat.

“Jangan panic, mengapa panik. Kita tetap waspada, jaga kebersihan, makan sehat olahraga, Insya Allah sehat,” ujar Said Aqil.

Baca Juga: Diam-Diam Ikut Haul, Jonri yang Non-Muslim Mulai Tertarik dengan Islam

Baca Juga: Bertaruh Nyawa, Pria Hindu India Selamatkan 6 Muslim yang Dibakar

Editor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner