Kalsel

Batu Siring Jadi Penyebab Bocornya Pipa Tua PDAM Bandarmasih

apahabar.com, BANJARMASIN – Pipa primer PVC dengan diameter 500 mm milik PDAM Bandarmasih tiba-tiba bocor. Kebocoran…

Featured-Image
Benahi pipa bocor. Foto-Istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN – Pipa primer PVC dengan diameter 500 mm milik PDAM Bandarmasih tiba-tiba bocor. Kebocoran pipa berlokasi di Jalan Soetoyo S ini diketahui pukul 11.00 Wita, Senin (2/3).

Setelah ditelusuri, pipa yang ditanam dalam tanah tersebut tertekan oleh batu siring berukuran besar. Apalagi mengingat pipa perusahaan milik pemerintah daerah berusia cukup tua.

“Ketika diteliti, pipa ada retakan sekitar 70 cm. Jadi mau tidak mau kita lakukan perbaikan berupa pemotongan pipa,” ujar Manager Transmisi dan Distribusi PDAM Bandarmasih, Opili Muda ketika dijumpai di lokasi.

Perbaikan, lanjut ia, bakal berlangsung pukul 23.59 Wita. Bahkan PDAM Bandarmasih menurunkan alat berat dalam melaksanakan proses pemotongan pipa.

Menurutnya, luka pipa ini tidak bisa ditangani dengan cara biasa. Wajib menggunakan metode giboult joint for PVC diameter 500 mm.

Diproses perbaikan mengakibatkan perhentian total distribusi air di seluruh wilayah Banjarmasin Barat dan sebagian Banjarmasin Tengah.

“Tak bisa kita menambah, harus diganti pipa ini kemungkinan perbaikan memakan waktu 4 jam,” katanya.

Pipa itu sudah sejak 1996. Sebagian pipa PDAM tak diganti lantaran tidak ada penyertaan modal dari Pemerintah Kota Banjarmasin.

“Ya kita harapkan digantikan supaya tidak ada lagi kebocoran pipa seperti ini,” tuturnyah,” timpal Humas PDAM Bandarmasih M Nur Wakhid.

Ia mengatakan pemulihan aliran distribusi akan berlangsung secara bertahap setelah perbaikan dilaksanakan. Normalisasi distribusi hingga ujung jaringan akan memakan waktu hingga 3 hari.

Ia juga berharap semoga pekerja bisa selesai sesuai dengan rencana. “Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini dan kiranya pelanggan dapat memakluminya,” ucapnya.

Adapun bagi pelanggan yang memerlukan vair dengan mobil tangki bisa menghubungi call center PDAM Bandarmasih0511-325-2541.

Baca Juga:Pipa PDAM Bandarmasih di Jalan Soetoyo S Bocor, Simak Wilayah yang Terdampak

Baca Juga:Soal Status PDAM Bandarmasih, Ibnu Sina Tunggu Jawaban Paman Birin

Reporter: Bahaudin Qusairi

Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner