Kalsel

Warga di Desa Terpencil Terbantu Program UHC Balangan

apahabar.com, PARINGIN – Meskipun berada jauh dari ibu kota kabupaten, masyarakat yang berada di Desa Tanah…

Featured-Image
Asdiansyah Ketua RT.3 Desa Tanah Habang Kiri Kecamatan Lampihong Kabupaten Balangan perlihatkan kartu BPJS Kesehatan. Foto-Agus Suhadi/apahabar.com

bakabar.com, PARINGIN – Meskipun berada jauh dari ibu kota kabupaten, masyarakat yang berada di Desa Tanah Habang Kiri, Kecamatan Lampihong, Kabupaten Balangantak mendapat perlakuan berbeda untuk urusan kesehatan.

Itu setelah Pemkab Balangan bekerja sama dengan BPJS Kesehatan melalui program Universal Health Coverage (UHC).

Asdiansyah Ketua RT.3 Desa Tanah Habang Kiri mengungkapkan Pemerintah Kabupaten Balangan sangatmemperhatikankesehatan warga, termasuk yang berada jauh di pelosok.

“Alhamdulillah rata-rata semua warga desa kami sudah banyak merasakan manfaatnya BPJS Kesehatan. Walau masih adabeberapa yang masih belum mendapatkan kartu BPJS Kesehatan, tapi apabila dilaporkan ke kepala desa selang beberapa hari akan dapat,” ujarnya.

Bagi Asdiansyah walaupun biaya pengobatan gratis ditanggung oleh pemerintah daerah,namun warga tetap mengharapkanpelebaran jalan agar dalam membawa pasien berobat ke Puskesmas atau RSUD lebih nyaman.

Sebab di desanya, tepatnya RT 3 selain banjir, kondisi jalan yang sempit tidak bisa sama sekali dilewati kendaraan roda 4.

“Terpaksa saat ada warga yang sakit dan harus dibawa ke layanan kesehatan seperti puskesmas atau rumah sakit harus ditandu menggunakan bambu sejauh 500 mater," terangnya.

Baca Juga:Verifikasi Berkas Dukung Paslon Perseorangan, Polisi Kotabaru Waspada

Baca Juga: Hilang Kabar, Jasad Pria di RK Ilir Membusuk di Kamar

Baca Juga: Cemari Sekolah, DLH Ungkap Izin Limbah Hotel Pyramid

Baca Juga:Pasca-Kebakaran, BPJS Kesehatan Tabalong Tetap Semangat Melayani

Reporter: Agus Suhadi
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner