Kalsel

Tiga Poin Penting Mesti Dimiliki Wartawan

apahabar.com, BANJARMASIN – Ketua Dewan Pers, Mohammad Nuh mengungkapkan tiga poin penting yang harus dimiliki seorang…

Featured-Image
Ketua Dewan Pers, Mohammad Nur. Foto-apahabar.com/Rizal Khalqi.

bakabar.com, BANJARMASIN – Ketua Dewan Pers, Mohammad Nuh mengungkapkan tiga poin penting yang harus dimiliki seorang wartawan. Ketiga poin itu dia ingatkan kepada sejumlah pimpinan media se Kalimantan Selatan, di Rattan inn Banjarmasin, Kamis (6/2).

Yang pertama, kata Mantan Menteri Pendidikan Nasional era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu setiap wartawan atau jurnalis mesti punya kompetensi yang baik. Hal hal tesebut ujarnya tentu akan berpengaruh pada kualitas tulisan yang di hasilkan.

Kemudian lanjut Nuh, pelindungan terhadap wartawan. Nuh mengatakan, setiap karyawan di media atau wartawan mesti mendapat perlindungan. Baik itu perlindungan kesehatan atau pun yang lain.

Kemudian yang terakhir adalah kesejahteraan. Selain dua unsur di atas, kesejahteraan wartawan menjadi hal yang penting untuk kemerdekaan pers.

Sebab, dia melihat tugas jurnalis kedepannya semakin berat. “Sehingga menuntut jurnalis tidak cukup hanya pandai secara intelektual saja tetapi juga bijak dalam menjalankan profesinya,” ujarnya.

Dia menekankan, tugas pers dewasa ini bukan sekadar memberitakan informasi, mengontrol kebijakan birokrasi dan masyarakat, tetapi yang paling penting adalah membangun ekosistem agar demokrasi bisa tumbuh.

Nuh sendiri hadir ke Banjarmasin dalam rangka pelaksanaan Hari Pers Nasional (HPN) di Kalimantan Selatan. Acara digelar akhir pekan ini.

Baca Juga: BPBD: 575 Rumah Warga di Balangan Terdampak Banjir

Baca Juga: Kronologis Penemuan Jasad Penghuni Hotel Banjarmasin

Reporter: Rizal Khalqi
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner