Kalsel

Sungai Meluap, Empat Kecamatan di Balangan Terendam Banjir

apahabar.com, PARINGIN – Curah hujan tinggi membuat sejumlah aliran sungai di Kabupaten Balangan meluap. Luapan sungai…

Featured-Image
Hujan yang mengguyur Kabupaten Balangan merendam sejumlah permukiman warga di empat kecamatan setempat. Foto-apahabar.com/Agus Suhadi

bakabar.com, PARINGIN – Curah hujan tinggi membuat sejumlah aliran sungai di Kabupaten Balangan meluap.

Luapan sungai ini kemudian merendam empat kecamatan di Bumi Sanggam -sebutan Balangan- Kamis (6/2) pagi.

Di Desa Sungai Katapi, RT 1, ketinggian air sudah mencapai sepinggang orang dewasa.

“Luapan sungai juga merendam permukiman di Haur Batu Kelurahan Paringin Kota RT 13,” ujar Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Balangan Muhammad Syuhada dihubungi bakabar.com.

Air sungai juga menggenangi jalan dan permukiman warga. Serta beberapa persawahan warga di Desa Lalayau ,Desa Mihu dan Desa Bata Kecamatan Juai.

Selanjutnya, Desa Baruh Panyambaran juga ikut terdampak luapan air sungai. Sejumlah ruas jalan dan permukiman warga di sana terendam.

Luapan air sungai di Desa Hauwai RT 2 menggenangi jalan sepanjang kurang lebih 75 meter. Dengan ketinggian air kurang lebih 1 meter berada di Kecamatan Halong.

Tak cuma itu, luapan air sungai di Desa Hauwai mengakibatkan sebuah jembatan gantung akses masyarakat menuju kebun miring. Air naik hingga ke sisi jembatan.

“Dampak maluapnya air sungai tersebut juga mengakibatkan jalan terendam sehingga tidak bisa dilalui oleh roda 2 dan 4,” jelasnya

Sampai berita ini diturunkan, debit air sungai masih mengalami kenaikan, sekalipun banjir mulai surut di sejumlah wilayah.

BPBD mengimbau untuk warga waspada mengantisipasi luapan sungai susulan.

“Apabila di daerah pegunungan diguyur hujan kembali, kemungkinan debit air akan bertambah serta air sungai akan mengalami kenaikan lagi,” ujar Syuhada.

Baca Juga:Kotak Amal Berizin di Banjarmasin Ditandai Stiker

Baca Juga:Geger, Bocah Laki-Laki Tewas Tenggelam di Saluran Air

Reporter: Agus Suhadi
Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner