Tak Berkategori

Menyambut “20 Tahun Bintang Lima Tour 2020” di Banjarmasin

apahabar.com, BANJARMASIN – Ahmad Dhani kembali. Dewa 19 konser lagi. Ya, band asal Surabaya itu memang…

Featured-Image
Poster 20 Tahun Bintang Lima Tour 2020. Foto-Istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN – Ahmad Dhani kembali. Dewa 19 konser lagi. Ya, band asal Surabaya itu memang sedang kembali bergairah untuk meramaikan dunia musik Tanah Air.

Tur enam kota pun dilakukan. Salah satu yang beruntung adalah Banjarmasin. Di Kota Seribu Sungai, konser Dewa 19 akan dilangsungkan di Gedung Sultan Suriansyah pada 21 Maret 2020. Konser itu diberi nama “20 Tahun Bintang Lima Tour 2020.”

Sesuai namanya, konser Dewa 19 digelar untuk memperingati 20 tahun lahirnya album Bintang Lima yang dirilis pada 30 April 2000. Bintang Lima merupakan sebuah album musik yang tercatat sebagai salah satu karya musik tersukses secara komersil.

Album yang memiliki banyak hits seperti “Roman Picisan”, “Risalah Hati”, dan “Lagu Cinta”, memang meledak hebat pada masanya. Album ini diperkirakan terjual lebih dari 1,8 juta copy, sebuah pencapaian yang tidak bisa dilakukan banyak band di Indonesia.

Ahmad Dhani pernah mengungkapkan Bintang Lima merupakan sebuah penentu apakah band yang ia dirikan itu bakal tetap eksis di industri musik Indonesia atau justru malah akan menjadi akhir dari karir Dewa 19.

Salah satu alasannya karena ini merupakan album pertama Dewa 19 tanpa Ari Lasso. Seperti diketahui, pada kurun 90-an, nama Ari Lasso sangat melekat sebagai vokalis Dewa 19. Pergantian vokalis dari Ari Lasso ke Once itu pun sangat membebani Ahmad Dhani.

“Saya sampai mimpi manggung sama Once. Setelah Slank tampil, penontonnya pulang semua,” kata Dhani saat konferensi pers beberapa waktu lalu.

Tak hanya Dhani, ternyata Once juga memiliki kecemasan yang sama. Apalagi vokalis yang mengidolakan Robert Plant dan Paul McCartney itu sudah lebih dari 5 tahun vakum di dunia tarik suara. Bahkan, ia sempat pesimistis terhadap posisinya sebagai vokalis utama Dewa 19.

“Saya bilang kalau enggak banyak (penjualan albumnya), saya berhenti saja,” kata Once.

Namun, kekhawatiran itu tak terjadi. Album kelima Dhani Cs itu sukses besar. Beberapa tahun kemudian, majalah Rolling Stone Indonesia menobatkan Once sebagai salah satu vokalis terbaik di Indonesia. Bintang Lima akhirnya terus dikenang sampai hari ini.

Selain di Banjarmasin, “20 Tahun Bintang Lima Tour 2020” juga akan digelar di Yogyakarta, Surabaya, Balikpapan, dan Makassar.

Pada 15 Februari kemarin, Dewa 19 sudah menggelar pertunjukan perdananya di Bandung. Konser itu disambut antusias dan berhasil membuat Baladewa bernostalgia.

Hal lain yang membuat konser ini istimewa karena kehadiran personel baru: Abdul Qodir Jailani atau Dul yang tak lain adalah anak ketiga dari Ahmad Dhani.

Dibandingkan dua saudaranya, Dul memang dinilai sebagai anak Dhani yang paling mewarisi darah musik dari ayahnya. Lagu-lagu ciptaannya juga dipuji oleh banyak musisi senior seperti Ari Lasso, Once, dan Pay.

Dalam formasi Dewa 19 kali ini, Dul akan berposisi sebagai pemain keyboard, berduet dengan ayahnya sendiri. Menurut Dhani, formasi double keyboard bukan hal yang aneh dalam dunia musik populer. Puluhan tahun lalu, band asal Amerika Serikat, Toto, sudah melakukannya.

Lalu, apakah “20 Tahun Bintang Lima Tour 2020” benar-benar akan menjadi pertunjukan musik yang istimewa?

Jawabannya ada di Gedung Sultan Suriansyah Banjarmasin pada 21 Maret nanti.

Baca Juga: Forum Musisi Banua Tapin, Buka Ruang Generasi Baru

Baca Juga: Brian Drummer SO7 Tunjukkan Sosok Sephia di Dunia Nyata

Editor: Puja Mandela



Komentar
Banner
Banner