Kalsel

Haul Sudah Dekat, Aparat Gabungan dan Relawan Bersihkan Drainase

apahabar.com, MARTAPURA – Mendekati Haul Abah Guru Sekumpul ke-15, aparat gabungan bersama masyarakat kembali bergotong royong…

Featured-Image
Aparat gabungan beserta relawan dan masyarakat bergotong royong membersihkan saluran air di semua wilayah Sekumpul Martapura, Jumat (14/2). Foto-apahabar.com/hendra

bakabar.com, MARTAPURA – Mendekati Haul Abah Guru Sekumpul ke-15, aparat gabungan bersama masyarakat kembali bergotong royong membersihkan wilayah Sekumpul, Jumat (14/2) pagi.

Semua parit di wilayah Sekumpul menjadi atensi utama yang dibersihkan. Sampah dan sedimen dalam parit semuanya diangkat.

Banyak pihak yang terlibat saat gotong royong tadi, ada Pemerintah Kabupaten Banjar di antaranya Sekda, PUPR, camat, lurah, juga Kodim, Polres, relawan pemadam kebakaran (Damkar), relawan haul, termasuk pelajar, yang totalnya capai ratusan.

Komandan Kodim (Dandim) 1006/Martapura, Letkol Arm Siswo Budiarto mengatakan, pihaknya berinisiatif mengajak untuk bergotong royong membersihkan sampah di kawasan Sekumpul.

Dandim menjelaskan, mengapa Sekumpul menjadi target utama Jumat bersih-bersih. Karena Sekumpul merupakan ring pertama atau akses utama saat Haul Abah Guru Sekumpul nantinya.

“Seperti kita ketahui, kemarin ada banjir di sini. Nah ini perlu kita waspadai. Jangan sampai nanti jamaah terkendala saat haul,” ujar Dandim Martapura kepada bakabar.com.

Baca Juga:Sejumlah Larangan Posko Induk Saat Haul ke 15 Guru Sekumpul

Dia menuturkan, banyak titik-titik aliran drainase yang tersumbat. “Alhamdulillah tadi juga dibantu Damkar, BPK, para relawan, semua aliran air sudah lancar. Mudah-mudahan kalau turun hujan airnya tidak lagi ke jalan” harapnya.

Dandim Siswo Budiarto mengimbau kepada masyarakat, jangan membuang sampah sembarangan. Pun demikian kepada jemaah haul nantinya.

“Saya imbau kepada jamaah haul, mereka datang dengan bersih pulang pun harus juga bersih. Tadi saya juga imbau kepada jajaran agar nantinya turut membantu menyediakan kantong-kantong sampah. Harapannya semua masyarakat ikut sadar, tidak membuang sampah sembarangan,” paparnya.

Sementara Camat Martapura Kota, Anto Setyawan mengungkapkan, untuk masalah sampah dalam drainase, memang sering terbawa oleh arus air saat hujan, sehingga sering kali menyebabkan tersumbatnya saluran air.

Kendati demikian, Penerintah Kecamatan Martapura terus berupaya memaksimalkan program pilah sampah, yang saat ini terus berlangsung di Kelurahan Sekumpul.

“Tahun ini program pilah sampah akan diberlakukan di kelurahan dan desa tetangga. Kecamatan lain pun juga akan menyusul,” kata Camat Martapura.

Baca Juga:Jelang Haul Guru Sekumpul, Dinas PUPR Kejar Target Perbaikan Jalan

Reporter: Hendra Rumi
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner