Dilintasi Jemaah Haul Guru Sekumpul, Begini Persiapan Polres Batola

Menjadi kawasan perlintasan jemaah haul Abah Guru Sekumpul, sejumlah persiapan dilakukan Polres Barito Kuala.

Featured-Image
Polres Barito Kuala menginisiasi koordinasi pengamanan jalur yang dilintasi jemaah haul Guru Sekumpul. Foto-Humas Polres Batola

bakabar.com, MARABAHAN – Menjadi kawasan perlintasan jemaah haul Abah Guru Sekumpul, sejumlah persiapan dilakukan Polres Barito Kuala.

Dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, jumlah jamaah dari berbagai daerah yang melintasi kawasan Batola diperkirakan meningkat drastis.

Situasi tersebut disebabkan keberadaan Jembatan Sungai Puting, serta peningkatan kondisi jalan Margasari dari dan menuju Balimau.

Selain dari Banua Enam di Kalimantan Selatan, jamaah dari Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur yang diyakini menjadikan Batola sebagai jalur alternatif.

Potensi peningkatan itu sudah diantisipasi instansi terkait di Batola, terutama kepolisian yang bertanggungjawab atas keamanan dan kelancaran lalu lintas.

Baca Juga: Update Penginapan Gratis Haul Guru Sekumpul: 10 Ribu Jemaah Sudah Booking

Baca Juga: Penting Bagi Jemaah Haul ke 15 Guru Sekumpul, Panduan Online Tinggal Klik

“Menjadi kawasan yang dilintasi jamaah haul Guru Sekumpul, kami bersama sejumlah stakeholder sudah melakukan beberapa persiapan,” papar Wakapolres Batola, Kompol Jatmiko, Rabu (19/2).

“Berdasarkan hasil koordinasi, kami membuat beberapa pos di Polsek-Polsek sepanjang perlintasan jamaah. Di antaranya Bakumpai, Marabahan, Cerbon, Rantau Badauh, Jejangkit, Mandastana, Anjir Pasar dan Anjir Muara,” sambungnya.

Tidak cuma Polsek terkait, karena juga diturunkan tenaga bantuan dari Polres dan Polsek yang tidak menjadi perlintasan jemaah.

Selain dari kepolisian, pos tersebut juga ditempati Kodim 1005 Marabahan dan jajaran, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Satuan Polisi Pamong Praja dan relawan.

“Relawan sendiri sudah mempersiapkan pendirian 15 pos. Ini semua dilakukan dalam rangka kelancaran haul Guru Sekumpul, baik keamanan dan ketertiban masyarakat maupun lalu lintas,” timpal Kabag Ops Kompol Iwan Gazi.

“Bahkan relawan juga menyiapkan bengkel berjalan dengan pelayanan tambal ban gratis di beberapa pos,” tandasnya.

Haul Guru Sekumpul dilaksanakan 29 Februari dan 1 Maret di Martapura. Diperkirakan jamaah yang datang mencapai 3 juta orang.

Baca Juga: Suplai Air di Haul Guru Sekumpul, Pemkab Banjar Serahkan 120 Tandon Air

Baca Juga: Kabar Hoaks Bengkel Gratis di Haul Sekumpul ke 15 Tersebar, Tim Posko Induk Sekumpul Minta Di-stop

Baca Juga: Gelar Pasar Murah Jelang Haul Sekumpul ke 15, Lurah: Gas Elpiji Diprioritaskan Warga Sekumpul



Komentar
Banner
Banner