Kalsel

Bupati Banjar Hadiri Rakornas Pengendalian Karhutla yang Dipimpin Jokowi

apahabar.com, JAKARTA – Bupati Banjar H Khalilurrahman menghadiri rapat koordinasi nasional (Rakornas) peningkatan pengendalian kebakaran hutan…

Featured-Image
Bupati Banjar, KH Khalillurrahman (pakai peci). Foto-Istimewa.

bakabar.com, JAKARTA – Bupati Banjar H Khalilurrahman menghadiri rapat koordinasi nasional (Rakornas) peningkatan pengendalian kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) 2020 yang dipimpin langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Gedung Istana Negara, Jakarta, Kamis (6/2).

Presiden Jokowi memberikan pengarahan yang sama seperti tahun 2019 dalam upaya meningkatkan pengendalian karhutla.

Dalam arahannya Jokowi didampingi Menko Polhukam Mahfud MD, Menteri LHK Siti Nurbaya, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kapolri Jenderal Idham Azis, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kepala BNPB Doni Munardo.

Jokowi menekankan koordinasi yang solid dari tingkat pusat hingga daerah untuk menanggulangi kemungkinan munculnya api di wilayah rawan kebakaran hutan dan lahan.

Presiden mengatakan, pertemuan ini adalah kegiatan rutin yang biasa dilakukan tiap tahun. Pertemuan ini penting dilakukan untuk mengantisipasi karhutla khususnya memasuki musim kemarau.

Baca Juga:Jokowi Pimpin Rakornas Karhutla, Isran: Kaltim Tak Masuk Daerah Rawan

“Ini pekerjaan rutin yang kita hadapi dari tahun ke tahun dan setiap akan memasuki bulan kemarau, kita selalu berkumpul di sini,” ucap Jokowi.

Bupati Khalilurrahman didampingi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Irwan Kumar saat diwawancarai mengatakan, seluruh elemen yang ada baik pemerintah, swasta dan masyarakat wajib untuk meningkatkan kegiatan pencegahan dan kesiapsiagaan dalam mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan.

“Agar dapat mendukung program pemerintah RI untuk menurunkan hotspot atau titik panas setiap tahunnya, serta siap untuk dimobilisasi dalam pemadaman kebakaran hutan dan lahan,” katanya.

Ia menambahkan, dengan dukungan tenaga, peralatan, dan dana yang cukup upaya pencegahan dan penanganan karhutla dapat cepat tuntas.

Baca Juga:Wapres Tutup Rakornas Forkompimda, Gubernur Isran: Semoga Kaltim Jadi Bagian Indonesia Maju

Reporter: Ahc22
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner