Tak Berkategori

Sukamta Lantik Pengurus Koalisi Kependudukan Kabupaten

apahabar.com, PELAIHARI – Bupati Tanah Laut (Tala) H Sukamta melantik sekaligus mengukuhkan pengurus Koalisi Kependudukan Kabupaten,…

Featured-Image
Bupati Tanah Laut, Sukamta menyaksikan pengurus Koalisi Kependudukan Kabupaten menandatangani surat pelantikan periode 2020-2024, Kamis (30/1). Foto-istimewa

bakabar.com, PELAIHARI – Bupati Tanah Laut (Tala) H Sukamta melantik sekaligus mengukuhkan pengurus Koalisi Kependudukan Kabupaten, periode 2020-2024, di Aula Dinas P2KBP3A Tala, Kamis (30/1).

Sukamta mengaku keberadaan Koalisi Kependudukan sangat penting, sebab organisasi tersebut jadi mitra pemerintah daerah dalam mengambil kebijakan pembangunan kependudukan.

Menurutnya sampai saat ini masih banyak masyarakat yang kurang paham terkait pembangunan kependudukan. Padahal seluruh pembangunan yang dirancang, mulai dari di tingkat Pusat, provinsi maupun kabupaten/kota tujuan akhirnya adalah masyarakat.

“Ketika menyusun sebuah perencanaan pembangunan, kita harus mempertimbangkan penduduk mana yang menjadi penerima manfaat pada program itu,” ujar Sukamta.

Sukamta merasa masih banyak pihak yang menyusun program kegiatan hanya mengacu pada kegiatan tahun sebelumnya, tanpa tahu apakah program tersebut tepat sasaran serta memberi manfaat kepada masyarakat atau tidak. “Setiap perencanaan harus berbasis pada peningkatan kualitas kesejahteraan warga Tala,” pesan Sukamta.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa persoalan kependudukan sungguh sangat kompleks. Terlebih masyarakat selama ini selalu berpikiran Keluarga Berencana (KB) itu hanya sebatas kontrasepsi dan pembatasan kelahiran.
Padahal menurutnya, program tersebut bukan hanya sebatas itu saja, melainkan juga dimulai dari dalam kandungan, anak-anak, remaja sampai dewasa. Bahkan KB dimulai dari sebelum menikah.

“Di KB juga ada namanya PIK Remaja sebagai tempat untuk memberi pemahaman pada para remaja, bagaimana merencanakan sebuah keluarga yang kuat dan rukun raharja serta aman sentosa,” jelasnya.

Baca Juga: Disdikbud Tala Sosialisasi Aturan Ujian Sekolah ke Kepsek

Baca Juga: Jembatan Jalan Soekarno Angker Bagi Pengendara

Reporter: Ahc14
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner