Kalsel

Siapkan Perut di Festival Durian, Paman Birin Sediakan 15 Ribu Biji untuk Makan Bersama

apahabar.com, BANJARBARU – Dinas Tanaman Pangan dan Holtikulturan (TPH) Kalimantan Selatan bakal menyediakan puluhan ribu durian…

Featured-Image
Kabid Hortikultura Dinas TPH Kalsel Ellina Hardiati .Foto- istimewa

bakabar.com, BANJARBARU – Dinas Tanaman Pangan dan Holtikulturan (TPH) Kalimantan Selatan bakal menyediakan puluhan ribu durian dalam Festival Durian bersama Gubernur Kalsel Sahbirin Noor di desa Kiram, Sabtu 18 Januari mendatang.

“Kita siapkan 12 ribu sampai 15 ribu, yang nanti sama-sama dimakan bersama Paman Birin,” ucapKabid Hortikultura Dinas TPH Kalsel EllinaHardiati kepadabakabar.combelum lama ini.

Pada event tahunan yang kedua ini, Dinas TPH Kalsel menggelar festival dalam lingkup regional. Untuk perlombaan kontes durian, peserta berasal dari kabupaten/kota se-Kalsel. Sedangkan peserta di luar Kalsel akan dimasukkan dalam kategori exhibition.

“Luar Kalsel bukan diikutkan dalam perlombaan tetapi kami masukkan di exhibition sebagai tandingan saja,” bebernya

Dari kontes ini, Dinas TPH bermaksud untuk mendapatkan pohon induk tunggal durian unggul asli Kalsel. Selain kategori perlombaan durian alami, festival ini juga akan menghadirkan aneka durian seperti Pampakin/Lai (Durio kutejensis), Kerantungan (Durio oxleyanus), Lahung (Durio dulcis), serta buah eksotik lainnya di Kalsel.

“Kategorinya berbeda-beda. Kita ingin lestarikan dengan cara memilih pohon induk tadi serta buah langka yang hampir punah di Kalsel,” ungkapnya.

Pemenang kontes durian akan diberikan sertifikat khusus dan didaftarkan dalam perlindungan varietas tanaman.

“Juaranya akan kita beri sertifikat dan didaftarkan di pusat. Syaratnya pohon tidak boleh ditebang, akan kita perbanyak ke depannya bisa sambung pucuk atau okulasi,” ungkap dia.

Di kesempatan yang sama, akan ada penyerahan baju bagi sekitar 1500 petugas penyuluh se-Kalsel oleh Paman Birin untuk Petugas benih, serta Petugas penanganan Organisme Pengganggu Tanaman (OPT).

Baca Juga: Kewalahan Tangani Sampah Durian, Petugas Kebersihan Banjarmasin Tambah Truk Pengangkut

Baca Juga: Pengunjung Festival Durian Merasa Kena Prank, Begini Ceritanya

Reporter : Musnita Sari
Editor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner