Pemkab Balangan

Sering Dilanda Bencana Alam, Pemkab Balangan Antisipasi Sejak Dini

apahabar.com, PARINGIN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balangan merilis peristiwa bencana alam yang terjadi selama…

Featured-Image
Banjir yang terjadi di Paringin Selatan April 2019 lalu. Foto-Dok.Apahabar.com

bakabar.com, PARINGIN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balangan merilis peristiwa bencana alam yang terjadi selama 2019.

Setidaknya ada 6 jenis bencana alam yang melanda Balangan, di antaranya kebakaran lahan dan hutan (karhutla), angin kencang, banjir dan tanah longsor.

img

Kepala BPBD Balangan, Alive Yoesfah Love. Foto-Istimewa

“Banjir 9 kali dan tanah longsor 6 kali kejadian. Karhutla ada 160 kali kejadian dengan luas yang terbakar 426,79 hektare,” ujar Kepala BPBD Balangan, Alive Yoesfah Love, kepada bakabar.com, kemarin.

Tak sampai di situ, juga terjadi 29 kali kebakaran pemukiman di Balangan dan 12 kali dilanda angin kencang. Sementara peristiwa pohon tumbang terjadi 9 kali.

Untuk meminimalkan bencana serupa terjadi tahun ini, BPBD Balangan telah melakukan berbagai persiapan, di antaranya melaksanakan sosialisasi kebencanaan bersama pemangku kepentingan yang terkait.

Kemudian juga telah melaksanakan apel bersama kebencanaan bersama TNI-Polri dan instansi lainnya, serta menyebar sejumlah spanduk imbauan kepada masyarakat untuk waspada terhadap bencana alam.

Ia juga meminta masyarakat ikut menjaga lingkungan dengan jangan membuang sampah sembarangan. Ia sendiri memprediksi Balangan masih akan dilanda cuaca ekstrem dalam beberapa bulan ke depan.

“Kita berharap kebencanaan di 2020 dapat diantisipasi sedini mungkin,” pungkas Alive.

Baca Juga: DPRD Balangan Kembali Rencanakan 45 Perda Tahun Ini

Baca Juga: Kado Awal Tahun, Ansharuddin Naikkan Honor Pengajar Al-Qur'an

Baca Juga: Sambut 2020, Bupati Balangan Punya Banyak Target Pembangunan

Baca Juga: Malam Pergantian Tahun Baru di Balangan, Ratusan Warga Gelar Salat Hajat

Reporter: Agus SuhadiEditor: Puja Mandela



Komentar
Banner
Banner