Kalsel

Perayaan Imlek dan Partisipasi Non-Konghucu di Banjarmasin

apahabar.com, BANJARMASIN – Kegembiraan tahun baru Imlek tak hanya dirasakan warga Tionghoa. Sebab atraksi barongsai bakal…

Featured-Image
Atraksi Barongsi di di Kelenteng Soetji Nurani. Foto-apahabar.com/Rizal Khalqi

bakabar.com, BANJARMASIN - Kegembiraan tahun baru Imlek tak hanya dirasakan warga Tionghoa. Sebab atraksi barongsai bakal menjadi tontonan gratis masyarakat, termasuk warga Banjarmasin.

Bukan itu saja, mereka yang bukan umat Konghucu pun rela berpartisipasi setiap perayaan tahun baru Imlek. Seperti Barongsai, para pemain ada yang beragama Islam, Kristen, Hindu juga Budha.

Remon, salah satu anggota tim Barongsai El Mondo membenarkan hal itu. Dikatakannya, kini Barongsai tak sekadar ada di perayaan tahunan Imlek, sebab menjadi salah satu cabang olahraga.

Ia menyebut perayaan Imlek tahun ini masih tergambar wujud toleransi antar agama di Banjarmasin

“Soal toleransi kita ingin menunjukkan kebersamaan. Memang ini satu tradisi Tionghoa, tapi kita juga menunjukkan toleransi yang juga ambil bagian dalam arak-arakan dan meramaikan Imlek,” katanya.

Tak tanggung-tanggung, untuk persiapan arak-arakan Barongsai, mereka mempersiapkan waktu 3 sampai 4 bulan.

Nantinya saat perayaan Imlek, Ronal mengatakan, pihaknya akan berkeliling Kota Banjarmasin mendatangi rumah-rumah dan toko orang Tionghoa.

Sementara Pengurus Kelenteng Soetji Nurani Veteran, Tiono Husin menyebut, makna di balik kedatangan Barongsai ke rumah-rumah bertujuan mengusir roh jahat yang mengitari rumah atau toko.

“Iya betul, Barongsai yang diiringi tabuhan alat musik itu bertujuan mengusir roh jahat,” katanya. Naga dan Singa menjadi hewan khas yang ada di rombongan Barongsai.

Seperti pantauan bakabar.com di Kelenteng Soetji Nurani, Jalan Veteran Banjarmasin. Saat tiba di gerbang Kelenteng, mata sudah disuguhkan pemandangan serba merah dan kuning. Aroma khas dupa juga seakan mengelilingi tubuh ketika pertama kali menginjakkan kaki di Kelenteng.

Beberapa kali, nampak sekelompok Merpati yang terbang beriringan mondar-mandir di halaman Kelenteng. Buruh-burung itu seakan sedang bermain kejar-kejaran.

Selain itu, ada juga sejumlah kelompok Barongsai yang sedang melaksanakan berbagai persiapan jelang hari raya Imlek.

Baca Juga: Kelenteng Soetji Nurani Bersiap Sambut Tahun Baru Imlek 2571

Baca Juga: Vihara Budha Sasana Pelaihari Siap Sambut Imlek Besok

Baca Juga: Ratusan Warga Berduyun-duyun Siapkan Imlek di Kuta Bali

Reporter: izal Khalqi
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner