Tak Berkategori

Pemkab Banjar Gelar Rakor Jelang Haul Sekumpul Ke-15

apahabar.com, MARTAPURA – Sebulan menjelang pelaksanaan haul Guru Sekumpul, KH Muhammad Zaini Abdul Ghani ke-15, persiapan…

Featured-Image
Rapat Koordinasi Persiapan Haul Abah Guru Sekumpul ke-15 tahun 2020 di Aula Barakat, Kamis (30/01). Foto-apahabar.com/Musnita Sari

bakabar.com, MARTAPURA – Sebulan menjelang pelaksanaan haul Guru Sekumpul, KH Muhammad Zaini Abdul Ghani ke-15, persiapan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Banjar bersama Posko Induk Sekumpul semakin matang.

Bupati Banjar melalui Sekda M. Hilman mengatakan Pemkab akan terus berkoordinasi dalam memfasilitasi para jemaah dari berbagai daerah yang akan datang pada puncak haul nanti.

“Pemkab Banjar perlu mendapat dukungan semua pihak guna memfasilitasi jemaah agar bisa menjalankan ibadah dengan baik dan lancar,” ucap Hilman saat memimpin Rapat Koordinasi Persiapan Haul Abah Guru Sekumpul ke-15 tahun 2020 di Aula Barakat, Kamis (30/01).

Diprediksi, haul tahun ini akan dihadiri hingga 2,5 juta jemaah dari berbagai daerah hingga luar Kalsel. Kondisi tersebut kata Hilman yang harus diantisipasi agar pelaksanaan haul berjalan lancar dan kondusif.

“Hari ini kami berinisiatif mengundang semua untuk mendapat masukan dari posko Induk dan keluarga apa yang bisa didukung oleh pemerintah,” kata Hilman.

Perwakilan keluarga kerabat Sekumpul, Ahmad Fauzan mengatakan rakor bertujuan untuk mendiskusikan konsep pelaksanaan haul mulai dari sebelum jemaah datang hingga mereka kembali ke daerah masing-masing.

“Persiapan sudah hampir finishing. Artinya hal-hal yang bersifat teknis sudah selesai. Bagaimana konsep jalur datang maupun pulang, terkait kesehatan dan sebagainya,” beber Fauzan kepada bakabar.com di sela Rakor.

Selain melibatkan seluruh pejabat di lingkup Kabupaten Banjar dan relawan Posko Induk Sekumpul, persiapan haul juga didukung oleh Dandim 1006 martapura, Polri dan TNI, SKPD pemerintah Banjarbaru, hingga instansi vertikal lainnya.

“Kita terus siaga mengantisipasi segala sesuatunya. Posko-posko pun bertambah untuk membantu jemaah, terutama jemaah arus balik,” lanjutnya.

Sebagian besar penginapan telah dipesan jauh-jauh hari oleh jemaah dari luar Martapura, namun dikatakannya masih ada para relawan yang menyediakan penginapan seperti rumah-rumah pribadi hingga musala milik beberapa pesantren.

Untuk kelancaran perjalanan, dia juga menghimbau kepada seluruh masyarakat agar mengikuti petunjuk yang telah diarahkan oleh para relawan di sepanjang perjalanan nanti.

“Untuk jemaah haul, kalau mau menghadiri atau mau pulangnya ikutilah arahan petunjuk rambu oleh petugas atau relawan, di sepanjang jalan itu ada. InsyaAllah selamat,” tutupnya

Baca Juga:Haul ke 15 Guru Sekumpul, DLH Banjarmasin Bantu Bersihkan Sampah dan Mobil Toilet Umum

Baca Juga:Penginapan Gratis PPS Sekumpul Ludes Dipesan Jemaah

Reporter: Musnita Sari
Editor: Aprianoor



Komentar
Banner
Banner