Kalsel

Kalsel Siaga Bencana, Paman Birin Andalkan Sinergitas

apahabar.com, BANJARBARU – Kalimantan Selatan tengah siaga bencana. Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor berharap sinergitas antar…

Featured-Image
Apel Siaga Darurat Bencana Banjir, Tanah Longsor, Angin Puting Beliung dan Gelombang Pasang di halaman Kantor Setdaprov Kalsel di Banjarbaru. Foto-Istimewa

bakabar.com, BANJARBARU – Kalimantan Selatan tengah siaga bencana.

Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor berharap sinergitas antar lembaga penanggulangan bencana terjalin baik.

Sejauh ini, Paman Birin, sapaan akrab Sahbirin, mengapresiasi kekompakan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), TNI, Polri dan seluruh unsur yang terlibat dalam penanganan banjir di musim penghujan ini.

“Ini sangat penting. Sinergitas adalah kebersamaan, gerakan bahu membahu yang harus kita tampilkan saat menghadapi bencana,” ujar Paman Birin saat ditemui di Kantor Pemprov Kalsel, Jumat (17/1) pagi.

Gubernur yang akrab dengan slogan “bergerak” ini, turut memerintahkan jajarannya untuk bergerak cepat ketika potensi bencana terjadi. “Gerak cepat lapor cepat,” tegasnya

Dalam menghadapi musibah, Paman Birin mengingatkan untuk bersikap tenang agar dapat menguasai keadaan. Dia juga mengimbau masyarakat memperhatikan lingkungan terutama kebersihan drainase.

“Jangan buang sampah sembarangan, apalagi di drainase. Meski sedikit bisa menimbulkan masalah,” paparnya

Di kesempatan yang sama, Kepala BPBD Kalsel Wahyuddin membeberkan tujuh wilayah berstatus siaga darurat. Yaitu, Hulu Sungai Selatan (HSS), Tapin, Kabupaten Banjar, Barito Kuala, Tanah Bumbu, Hulu Sungai Tengah dan Balangan.

“Kalsel sendiri sudah siaga dan kami (BPBD) sudah siap. Paman Birin sudah berstatemen harus cepat respons time-nya di lapangan,” ungkap dia.

Paman Birin, kata dia, meminta para bupati dan wali kota untuk aktif meninjau lokasi-lokasi rawan bencana seperti jembatan, embung atau saluran air. Serta mengajak masyarakat untuk bergotong royong dalam melakukan kebersihan.

Baca Juga:Kalsel Siaga Darurat Bencana, BPBD: Kami Siap

Baca Juga: Duta Mall Nyicil Bayar Tunggakan Pajak Parkir

Baca Juga: KPPI Kalsel Dorong Keterwakilan 30 Persen Perempuan di Parlemen

Baca Juga: Para Korban Puting Beliung di Tanah Laut Masih Diungsikan

Reporter: Musnita Sari
Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner