Kalsel

Kabupaten Banjar Siaga Banjir, Debit Air Sungai Mulai Tinggi

apahabar.com, MARTAPURA – Warga Kabupaten Banjar siaga banjir, mengingat Kalimantan Selatan berada di puncak musim penghujan…

Featured-Image
Kapolres Banjar AKBP Andri Koko Prabowo memantau kesiagaan timnya untuk terjun menghadapi banjir. Foto-istimewa

bakabar.com, MARTAPURA - Warga Kabupaten Banjar siaga banjir, mengingat Kalimantan Selatan berada di puncak musim penghujan 2020. Kabupaten ini menjadi wilayah yang rawan banjir di musim penghujan.

Kapolres Banjar AKBP Andri Koko Prabowo melalui Kasat Sabhara, AKP Rissan Simare Mare mengatakan, pihaknya sudah siaga untuk terjun ke lapangan.

“Kami sejak akhir 2019 lalu sudah mulai melakukan gelar pasukan dan melakukan pengecekan peralatan SAR Polri,” ungkapnya.

AKP Rissan merincikan kesiapan peralatan terjun ke medan banjir, di antaranya; 1 buah perahu siap pakai, 1 unit mesih perahu, 2 buah perahu kano fiber, 1 unit perahu bantuan BPBD, 4 dayung, 4 pelampung, 5 helm, ban dalam mobil untuk pelampung 6 buah.

“Kami juga mempunyai 1 mobil SAR darat terbatas, yang terdiri dari mesin senso, mesin pompa, mesin genset, seperangkat peralatan dan apar,” katanya.

Dengan fasilitas tersebut, pihaknya siap siaga terjun kapan saja diperlukan.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar Irwan Kumar mengungkapkan curah hujan di Kabupaten ini meningkat, sehhingga debit air sungai meninggi.

“Untuk rumah warga masih aman, dan untuk korban kami nyatakan nihil,” ujar Irwan Kumar.

Irwan mengatakan, pihaknya masih tetap siaga banjir, siap diterjunkan ke lapangan.

“Memang karena curah hujan di Kabupaten Banjar meningkat, kami mengimbau kepada masyarakat yang ada di banteran sungai untuk tetap waspada banjir,” ucapnya.

Memiliki wilayah yang rawan, membuat Kabupaten Banjar siaga banjir di awal tahun 2020 ini.

img

Sejumlah peralatan disiapkan SAR Polri untuk bersiaga menghadapi banjir di kabupaten Banjar. Foto-istimewa

Baca Juga:Tips Hindari Dampak Mematikan Hipotermia Saat Banjir

Baca Juga:Banjir Pagi Ini Bikin Warga Tapin Kembali Elus Dada!

Reporter: AHC 15Editor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner