Kalsel

Wakil Ketua DPRD Kalsel Dukung Pemekaran Gambut Raya

apahabar.com, BANJARMASIN – Lama tidak terdengar kabarnya, rencana pemekaran wilayah Kabupaten Banjar, berupa Gambut Raya kembali…

Featured-Image
Wakil DPRD Kalsel, M Syaripuddin dalam satu kesempatan saat diwawancara wartawan. Foto-apahabar.com/Rizal Khalqi.

bakabar.com, BANJARMASIN – Lama tidak terdengar kabarnya, rencana pemekaran wilayah Kabupaten Banjar, berupa Gambut Raya kembali bergaung. Kini, rencana itu mendapat dukungan dari Wakil Ketua DPRD Kalsel, M Syaripuddin.

“Usulan pemekaran wilayah Gambut Raya ini bisa mempertimbangkan efisiensi birokrasi dan peningkatan kawasan ekonomi di daerah tersebut,” kata M Syaripuddin, Selasa (17/12).

Syaripuddin menilai kecamatan yang melingkupi Sungai Tabuk, Kertak Hanyar, Aluh-Aluh, Beruntung Baru dan Tatah Makmur tersebut secara geografis jaraknya sangat mungkin untuk berpisah dari Kabupaten Banjar.

Apalagi selama ini, masyarakat mengeluhkan jika ingin mengurus segala sesuatunya harus menuju Martapura, sebagai ibu kota kabupaten Banjar.

Dia menyarankan, pemekaran daerah bukan menjadi kabupaten. Melainkan kota Madiaya. Sebabnya posisi geografis berbatasan langsung dengan Kota Banjarmasin yang menjadi Kota Metropolitan.

Sehingga Kota Gambut akan menjadi kota satelit yang akan menerima manfaat langsung dari perekonomian Kota Banjarmasin. Selain lanjutnya kondisi demografis kependudukan juga sudah mulai mengarah menjadi masyarakan perkotaan.

Baca Juga: Mediasi Warga Antar Baru dan PT BPP Ditunda

Baca Juga: Walau Kecolongan Pungut Retribusi, Pariwisata di Kotabaru Melejit Naik

Reporter: Rizal Khalqi
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner