Tak Berkategori

Sempat Terpuruk, BPR Tala Kini Surplus

apahabar.com, PELAIHARI – Meski sempat mengalami keterpurukan,, tapi kini Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Tanah Laut (Tala)…

Featured-Image
Sukamta saat menghadiri Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT. Bank Perkreditan Rakyat (BPR) milik Pemerintah Daerah se-Kalsel di Hotel Roditha Banjarbaru, Selasa (10/12). Foto-Istimewa

bakabar.com, PELAIHARI – Meski sempat mengalami keterpurukan,, tapi kini Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Tanah Laut (Tala) telah bangkit.

Bupati Tala Sukamta ikut memuji peningkatan BPR Tala yang saat ini mengalami peningkatan pendapatan.

Pujian itu ia sampaikan pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT. Bank Perkreditan Rakyat (BPR) milik Pemerintah Daerah se-Kalimantan Selatan di Hotel Roditha Banjarbaru, Selasa (10/12).

“Kalau tahun dulu kita merangut (cemberut, red) karena di nominal angka pada data yang disajikan ada tanda kurung atau tanda minus yang berarti BPR merugi. Alhamduilillah, tahun ini BPR Tala justru surplus tidak ngutang lagi. Ini adalah sebuah progres yang luar biasa,” jelas Sukamta.

Sukamta mengatakan Pemkab Tala berkomitmen menjadikan PT. BPR Tala menjadi BUMD yang sehat, sehingga dapat menghasilkan keuntungan yang besar. Kepada Direksi PT. BPR Tala, Dukamta berpesan agar terus meningkatkan kinerjanya.

"Kalau ada kebijakan yang harus kita ambil maka harus kita didiskusikan dengan benar,"katanya.

Aset yang dimiliki PT. BPR Tala pun sudah meningkat sebesar 400 persen. Ia berharap prestasi itu tetap dipertahankan, bahkan ditingkatkan.

Direktur PT. BPR Tanah Laut Suprapto menjelaskan saat ini pihaknya sudah memiliki 1.800 nasabah yang mengikuti program “Gapura Karomah.”

“Saat ini Tala satu-satunya yang menjalankan program pinjaman dengan bunga nol persen. Kita adalah pilot project. Semoga bisa ditiru oleh daerah lain se-Indonesia,"jelas dia.

Ke depan, PT. BPR Tala memiliki mimpi besar untuk membuka kantor cabang di beberapa Kecamatan yang memiliki pertumbuhan ekonomi potensial seperti Bati-Bati, Batu Ampar dan Jorong.

"BPR Tala ke depan memiliki sistem teknologi informatika yang canggih dan maju seperti bank lain, sehingga pelayanannya mampu memuasakan masyarakat,"harapnya.

Rencana PT.BPR Tala lainnya yaitu memberikan pinjaman kepada para Pegawai Tidak Tetap atau karyawan honorer di lingkup Pemkab Tala serta para aparat Desa se-Tala.

"Yang Paling Penting pula BPR Tala akan melakukan audit keuangan melibatkan akuntan publik dan kantor akuntan publik sesuai dengan POJK," tutupnya.

Saat ini PT. BPR Tala memiliki nilai saham sebesar Rp 6,1 miliar. Dari angka sebesar itu 75,40 persen dimiliki Pemkab Tala, 22,30 persen milik Pemprov Kalsel dan 2,40 persen dimiliki Bank Kalsel.

Baca Juga: Peredaran Uang di Tala Expo Mencapai Rp 5,5 Miliar

Baca Juga: Pemkab Tala Launching Logo Pariwisata

Reporter: Ahc14
Editor: Puja Mandela



Komentar
Banner
Banner