Kalsel

Sambut Musim Penghujan, BPBD Banjar Gelar Apel Gabungan

apahabar.com, MARTAPURA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar menggelar apel siaga banjir 2019 pada…

Featured-Image
Apel siaga bencana banjir di halaman BPBD Banjar.Foto-apahabar.com/AHC 15

bakabar.com, MARTAPURA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar menggelar apel siaga banjir 2019 pada Rabu (12/12) pagi.

Kegiatan yang digelar di halaman kantor BPBD Kabupaten Banjar itu dihadiri Kapolres Banjar, AKBP Andri Koko Prabowo, Dandim 1006 Letkol Arm Siswo Budiarto, Sekda Kabupaten Banjar, Kasatpol PP, Damkar Banjar, Ketua PMI Kabupaten Banjar serta Ketua Emergency.

Sekda Banjar, Mokhammad Hilman dalam sambutannya mengatakan, apel siaga tersebut sesuai dengan amanat undang-undang nomor 24 tahun 2007 dan peraturan daerah Kabupaten Banjar nomor 18 tahun 2014.

“Bawa penyelenggaraan penanggulangan bencana bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, namun juga masyarakat serta dunia usaha. Sehingga apabila terjadi bencana kita bisa bersatu untuk membantu saudara kita yang membutuhkan,” ujar Hilman ketika menjadi pembina dalam acara tersebut.

Kabupaten Banjar, menurut Hilman, adalah daerah yang tingkat kerawanan sangat tinggi untuk musibah bencana alam. Baik itu kebakaran hutan maupun lahan, banjir, puting beliung, tanah longsor, kekeringan, serta air pasang (ROB).

Oleh sebab itu, kata dia, kewaspadaan harus lebih ditingkatkan dengan terus berupaya melakukan penanggulangan terhadap potensi yang mungkin terjadi.

Menurut informasi dari BMKG, sambung Hilman, wilayah Kabupaten Banjar sudah memasuki musim penghujan. Berbeda dengan sebagian wilayah di Indonesia yang masuk penghujan pada awal Januari dan Februari.

“Secara umum, wilayah di Indonesia akan memasuki musim penghujan di awal Januari sampai dengan Februari 2020 dengan kondisi ekstrem seperti angin kencang dan gelombang tinggi," ungkapnya.

Hingga tahun 2019, bencana banjir masih melanda Kabupaten Banjar yang berdampak kurang baik bagi kehidupan dan penghidupan masyarakat. Oleh sebab itu Pemkab Banjar melalui BPBD melaksanakan apel gabungan siaga bencana banjir 2019.

“Apel siaga banjir yang kita lakukan pagi ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab dan kesiapsiagaan yang harus kita lakukan untuk mengurangi kerentanan dalam menghadapi bencana,” kata Hilman.

Hilman menyebut, pihaknya mengapresiasi penuh kepada BPBD kabupaten Banjar yang terus semangat dan cepat serta cermat dalam menangani bencana di Kabupaten Banjar.

“Saya juga memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada kodim 1006, Polres Banjar, PMI, serta semua pihak yang ikut berpartisipasi dalam penanggulangan bencana di Kabupaten Banjar," pungkasnya.

Baca Juga: BPBD Balangan Salurkan Bantuan untuk Korban Kebakaran Pulau Sebuku

Baca Juga: BPBD Petakan Titik Rawan Banjir di Calon Ibu Kota RI

Reporter: AHC 15
Editor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner