Kalsel

Pemkot Banjarmasin Buat 2 Pelican Crossing Sebagai Alternatif JPO

apahabar.com, BANJARMASIN – Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di beberapa lokasi Kota Banjarmasin sudah tak terlihat. Padahal…

Featured-Image
Jalan Anang Adenansi, Banjarmasin. Foto-apahabar.com/Bahaudin Qusairi

bakabar.com, BANJARMASIN – Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di beberapa lokasi Kota Banjarmasin sudah tak terlihat. Padahal JPO diperlukan masyarakat untuk menyeberang jalan di daerah padat Lalu Lintas. Lantas Bagaimana Solusinya?

Kepadatan lalu lintas di kota Banjarmasin memerlukan semacam JPO untuk memudahkan masyarakat menyeberang jalan. Sayangnya, diakui Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Banjarmasin, Ichwan Noor Chalik, pihak investor tidak ada yang berminat dengan pembangunan JPO di Banjarmasin.

"JPO sudah berapa kali lelang tapi tak ada yang menawar, sehingga kita membuat pelican crossing ini agar pejalan kaki aman," terangnya.

Pelican crossing menjadi alternatif selain JPO, sebagai sarana penyeberangan di kawasan padat lalu lintas. Untuk di Banjarmasin, Ichwan menyebut dua lokasi yang dibuatkan pelican crossing; Jalan Anang Adenansi dan di Jalan Pangeran Samudra.

Menurutnya, dua lokasi tersebut sangat memerlukan pelican crossing. Sebab, selain padat lalu lintas, di dua jalan tersebut banyak terdapat fasilitas pendidikan dan tempat ibadah. Sehingga banyak orang yang melakukan penyeberangan di jalan tersebut.

Terutama, kata Ichwan, di Jalan Anang Adenansi. Di sana terdapat lembaga pendidikan sekolah dasar dan fasilitas publik berupa Ruang Terbuka Hijau (RTH). Saat jam sibuk, banyak anak sekolah dan warga menyeberang jalan raya.

Sedangkan di Jalan Pangeran Samudera terdapat Masjid Noor, yang setiap tiba waktu shalat Jumat, lalu lintas ditutup untuk sementara waktu.

"Dua tempat ini akan dijaga petugas Dishub, karena pejalan kaki dan pengguna jalan wajib memahami serta membiasakan diri dengan fasilitas publik itu," tegas Ichwan.

Untuk tahun 2020, dia membeberkan, Pemkot Banjarmasin berencana membuat 3 pelican crossing. Satu di Jalan Hasan Basri depan Kampus Universitas Lambung Mangkurat (ULM). Dua di Jalan Ahmad Yani depan kampus Universitas Islam Negeri (UIN), dan depan Duta Mall Banjarmasin.

Baca Juga:Jalan Tol Banjarbaru - Batulicin Siap Dilintasi Tahun Depan

Baca Juga: Babinsa Kawal Pendistribusian KKS BPNT di Aluh-Aluh

Baca Juga: VIDEO: Tari Mandau Belalap Api Bekasai Duri Meriahkan Peresmian Balai Adat Dayak

Baca Juga: Sambut Musim Penghujan, BPBD Banjar Gelar Apel Gabungan

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner