Kalsel

Meresahkan Warga, Tim TRC BPBD Evakuasi Sarang Lebah di Basirih

apahabar.com, BANJARMASIN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin kembali melakukan upaya evakuasi sarang lebah…

Featured-Image
TRC BPBD Banjarmasin saat mengevakuasi sarang lebah. Foto-Istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin kembali melakukan upaya evakuasi sarang lebah (Vespa Affinis) yang berada di atap rumah warga Jalan Intan Sari RT 31, Kelurahan Basirih, Kecamatan Banjarmasin Barat, Kota Banjarmasin, Senin (16/12) malam.

Sarang tawon seukuran kepala sapi yang berada di atap rumah permukiman warga tersebut dievakuasi petugas lantaran selama ini keberadaannya sangat mengganggu dan meresahkan warga sekitar.

“Evakuasi ini menindak lanjuti laporan warga bahwa ada sarang tawon yang sangat membahayakan warga, sarang tawon itu berada di atas permukiman,” terang Kepala BPBD Kota Banjarmasin Drs H M Hilmi MM kepada bakabar.com.

Lebih lanjut Taufik mengatakan, proses evakuasi berjalan cukup lama, sebab jumlah tawon yang mencapai ribuan nampak mulai terusik dan satu per satu keluar dari sarangnya. Setelah dirasa aman, barulah petugas dengan menggunakan peralatan dan obat insektisida, langsung mengamankan sarang tersebut.

Sebelum evakuasi itu dilakukan, tim BPBD kota Banjarmasin yang mengerahkan satu unit Rescue & TRC BPBD Kota Banjarmasin itu melakukan observasi terlebih dahulu agar bisa masuk ke dalam rumah atau mencari tempat yang aman agar tim bisa mengeksekusi rumah tawon yang cukup meresahkan itu.

“Dalam waktu 30 menit team berhasil mengevakuasi dan membakar sarang tawon dengan lancar dan aman,” pungkasnya.

Sementara itu, salah satu warga, Angga, mengaku Sangat terganggu dengan adanya sarang tawon berukuran besar itu, sehingga minta bantuan kepada BPBD Tuban untuk mengevakuasi itu.

“Kami tidak tahu kalau sarang tawon tersebut akan sebesar itu, sekarang alhamdulillah bisa di evakuasi,” pungkasnya.

Baca Juga: Ini Sosok Paspampres Era SBY dan Jokowi Asal Amuntai HSU

Baca Juga: Pengumuman CPNS Batola, 119 Pelamar Gagal Administrasi

Reporter: Eddy Andriyanto
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner