Kalsel

Menengok Persiapan Warga di Kaki Meratus HST Sambut HKSN

apahabar.com, BARABAI – Menyambut Hari Kesetiakawanan Nasional (HKSN), warga kaki Pegunungan Meratus di Hulu Sungai Tengah…

Featured-Image
Gerbang memasuki Dusun Danau Canting di Desa Hinas Kiri, BAT, HST. Foto-Indra Fironi for apahabar.com

bakabar.com, BARABAI – Menyambut Hari Kesetiakawanan Nasional (HKSN), warga kaki Pegunungan Meratus di Hulu Sungai Tengah (HST) mempersiapkan penyambutan kedatangan Kementerian Sosial (Kemensos) RI.

Rencananya, HKSN digelar Rabu (18/12) hari ini bersamaan dengan peresmian etalase Komunitas Adat Terpencil (KAT) di Desa Hinas Kiri, Dusun Danau Canting Kecamatan Batang Alai Timur (BAT).

Warga sudah memasang tenda dan umbul-umbul serta telah membersihkan lingkungan bakal tempat peresmian etalase tersebut.

Tak kalah menarik, warga juga menyediakan berbagai kuliner serta cenderamata khas Meratus bagi tamu yang akan hadir pada peringatan HKSN.

Kedatangan Kemensos RI nanti juga bakal disambut oleh muda-mudi dengan tarian sambutan Meratus.

Terpilihnya Danau Canting sebagai tempat HKSN yang memang dipusatkan di Kalsel pada 2019 ini dikarenakan desa tersebut memenuhi kriteria dan berhasil melaksanakan pemberdayaan yang integratif, holistik dan sustainable.

“Hal ini mengacu pada masyarakatnya sendiri yang menjaga kebudayaan, alam, kearifan lokal dan destinasi wisata,” kata Indra Fironi, Pendamping KAT untuk BAT yang dikirim April 2019 oleh Kemensos RI, Rabu (18/12) pagi.

Selama 8 bulan, pendamping asal Riau ini telah melihat dan merasakan sendiri perkembangan warga yang pesat dalam hal bersosial.

Diceritakan Indra, sebelumnya warga tinggal berjauhan. Warga Hinas Kiri lebih memilih menempati pondok di mana mereka berladang. Hal itu tentu berbeda dengan kondisi sekarang. Setelah mendapatkan bantuan perumahan KAT, warga tinggal berdekatan dan melakukan aktivitas sosial seperti mengikuti berbagai penyuluhan.

Warga juga terbuka dengan perkembangan pembangunan. Bahkan, mereka telah membangun kolam ikan, sarana air bersih seperti bendungan, mengembangkan dan membangkitkan kearifan lokal serta cinta tanah air.

“Warga sekarang lebih tertib administrasi dan mau memikirkan kesehatan serta pendidikan,” tambah Indra

Berdasarkan hal itulah, Danau Canting ditetapkan sebagai etalase KAT.

“Jadi penetapan ini mengacu pada masyarakat sendiri. Masyarakatnya antusias untuk maju dalam berbagai hal,” tutup Indra.

Di 2019 ini, Kemensos RI telah memberikan bantuan 78 unit rumah untuk KAT di Hinas Kiri, BAT. Lokasinya yakni, Danau Canting, Sampai, Aniangau dan Sungai Bumbung.

Baca Juga:Meriahkan HKSN, Pemprov Kalsel Gelar Jambore Relawan Sosial Bergerak

Baca Juga:HKSN di Tapin, Paman Birin Buat Kuis Hadiah Rp 1 Juta

Reporter: HN Lazuardi
Editor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner