Kalsel

Babinsa Kawal Pendistribusian KKS BPNT di Aluh-Aluh

apahabar.com, MARTAPURA – Puluhan warga Desa Aluh-Aluh Besar, Kecamatan Aluh-aluh, Kabupaten Banjar menerima pembagian Kartu Keluarga…

Featured-Image
Babinsa Serda Abu Bakar, anggota Koramil 1006-11/AA mendampingi warga Desa Aluh Besar saat mengambil Kartu Keluarga Sejahtera BPNT di Kantor Kecamatan Aluh-Aluh. Foto – Koramil 1006-11/AA for apahabar.com

bakabar.com, MARTAPURA – Puluhan warga Desa Aluh-Aluh Besar, Kecamatan Aluh-aluh, Kabupaten Banjar menerima pembagian Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Kegiatan yang berlangsung di Kantor Kecamatan Aluh-Aluh mendapat pendampingan dari Babinsa Serda Abu Bakar, Kamis (12/12).

Sebelum distribusi KKS BPNT, terlebih dahulu dilakukan verifikasi data bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) oleh Petugas tenaga kesejahteraan sosial kecamatan (TKSK) dengan data pendukung berupa Kartu Keluarga dan KTP.

BPNT adalah bantuan pangan dari pemerintah yang diberikan kepada KPM setiap bulannya melalui mekanisme akun elektronik yang digunakan hanya untuk membeli pangan di e-Warung KUBE PKH/pedagang bahan pangan yang bekerjasama dengan Bank HIMBARA (Bank BRI, BNI dan Mandiri).

Bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran serta memberikan nutrisi yang lebih seimbang kepada KPM secara tepat sasaran dan tepat waktu.

Sementara itu, pada pembagian ini didampingi Babinsa Serda Abu Bakar, anggota Koramil 1006-11/AA. Sebanyak 74 kartu Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) telah diserahkan kepada warga dari total 127 kartu yang diajukan.

"Sementara sisanya tercatat 53 kartu BPNT akan diserahkan menyusul, usai proses cetak selesai. Hari ini kita melakukan pengawalan, dan Alhamdulillah berjalan dengan lancar," ucap Serda Abu Bakar kepada bakabar.com di lokasi.

Terpisah, Sekretaris Daerah M Hilman selaku ketua Tim Koordinasi Bantuan Pangan Non Tunai Kabupaten Banjar, menjelaskan bahwa bantuan BPNT ini disalurkan kepada 15.386 warga Kabupaten Banjar, dengan jumlah uang tunai sebesar Rp 110.000 setiap bulannya, akan tetapi bantuan ini hanya dapat ditukarkan dengan beras dan telur yang ada di e-Warung atas kerjasama dengan Bank Rakyat Indonesia.

Baca Juga: Pratu Kasnun Korban Penembakan KKSB Nduga Dievakuasi ke Aceh

Baca Juga: Pimpin KKSS Tanbu, Cuncung Ingatkan Jaga Persatuan

Reporter: Eddy Andriyanto
Editor: Aprianoor



Komentar
Banner
Banner